Seperti diketahui, fitur Live Video di Instagram yang diluncurkan tahun lalu telah dimanfaatkan oleh banyak pengguna. Fitur ini memang memberikan pilihan lain bagi anda untuk berkomunikasi dengan pengguna Instagram lainnya, di mana penonton dapat memberi komentar secara langsung di video anda. Tetapi, siaran langsung tersebut tidak bisa diputar ulang, sehingga penonton harus online tepat waktu jika tak ingin ketinggalan acara utamanya.

Sadar betul fitur tersebut jadi primadona baru, Instagram pun terus mengembangkan fitur yang ada di dalamnya, di mana saat ini anda tidak hanya bisa menyiarkan video, tetapi juga membagikan video sehingga bisa diputar ulang sampai 24 jam ke depan.

replay_1

Cara membagikan siaran langsung adalah dengan mengklik tombol “share” yang terletak pada bagian bawah layar setelah anda mengakhiri siaran. Dengan demikian, video anda akan langsung terunggah ke Stories.

Sama seperti ketika anda mengunggah foto atau video pada fitur Stories, video siaran yang anda unggah juga akan menghilang dalam waktu 24 jam. Ada juga tombol Discharge yang berguna untuk mengakhiri video siaran ulang lebih cepat dari seharusnya. Selain itu, jumlah penonton yang ditampilkan pun akan digabungkan dari jumlah penonton yang melihat siaran langsung maupun yang melihat melalui Stories anda.

replay_2

Anda pun dapat melihat video siaran yang diunggah oleh akun lain dengan mengklik pada tombol “play” yang terletak di bawah foto profil di Stories mereka. Video yang diputar akan turut menampilkan komentar serta “likes” seperti ketika siaran sedang berlangsung.

Mengingat durasi siaran yang bisa sangat panjang, anda juga bisa mengklik pada bagian kanan atau kiri layar untuk memajukan atau memundurkan video sepanjang 15 detik. Selain itu, jika ada pengguna yang mengunggah lebih dari satu video, anda bisa mengklik pada anak panah yang terdapat di bagian atas layar untuk berpindah video.

Sumber berita Instagram.