Categories

Gadget

[Video] Mengenal Microsoft HoloLens Lebih Jauh

Glenn Kaonang - 4 May 2015

Seperti yang kita ketahui, Microsoft menghadirkan visi besar dalam ajang BUILD 2015 beberapa hari kemarin. Selain mengungkap rincian fitur-fitur baru Windows 10, Microsoft juga mempertontonkan masa depan dunia computing dengan HoloLens.

Kita mungkin sudah banyak mengetahui apa saja yang bisa ditawarkan Microsoft HoloLens, akan tetapi pengalaman holografis tersebut kurang lengkap jika tidak disertai video demonstrasi. Berikut saya telah membuat kompilasi video demonstrasi Microsoft HoloLens. Namun sebelum menelusuri lebih dalam, ada baiknya kita mengenal lebih dekat hardware-nya terlebih dulu.

Wireless, ditenagai baterai dan mampu mengolah data dalam hitungan milidetik. Komponen audio HoloLens juga spesial karena suara yang direproduksi akan mengikuti posisi kepala penggunanya.

Info menarik: Microsoft Gandeng Unity Demi Amankan Masa Depan HoloLens

Setelah mengenal hardware-nya, mari melihat bagaimana Microsoft HoloLens bisa mengubah cara kita bekerja maupun menghibur diri. Video berikut adalah manfaat yang bisa didapat oleh komunitas arsitek maupun mereka yang bekerja di bidang konstruksi, dimana HoloLens sanggup memberikan visualisasi yang lebih sempurna ketimbang secarik kertas.

"Lima tahun lagi, seluruh dunia akan memanfaatkan teknologi semacam ini untuk berinteraksi." Demikian video tersebut ditutup. Interaksi seperti apa lagi yang dimaksud? Berikut contoh lainnya, masih di bidang arsitektur.

Dalam video tersebut bisa kita lihat bahwa semua revisi desain yang dilakukan di komputer dapat diproyeksikan menjadi maket tiga dimensi secara real-time. Kerja seorang arsitek maupun insinyur akan semakin dipermudah oleh Microsoft HoloLens.

Info menarik: Microsoft: Aplikasi Android dan iOS Dapat Diboyong ke Windows 10 Tanpa Ribet

Selanjutnya, silakan menikmati demonstrasi secara live yang disuguhkan oleh Microsoft di panggung BUILD 2015. Video ini dikompilasikan oleh CNET, yang mencakup tiga sesi demonstrasi HoloLens: 1) menikmati hiburan sehari-hari, 2) pengaplikasian di sektor pendidikan dan 3) integrasi dengan robot fisik yang memamerkan fungsi perintah suara dan fungsi tracking HoloLens yang amat presisi.

Terakhir, jika Anda merasa pesimis bahwa efektivitas HoloLens akan terbatasi oleh ketersediaan konten, ketahuilah bahwa HoloLens akan menjalankan sistem operasi Windows 10, dan mayoritas developer yang diundang Microsoft tak segan mengungkapkan kemudahannya merealisasikan ide kreatifnya untuk HoloLens.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter