18 February 2015

by Bambang Winarso

Video Teaser Indikasikan Adanya Teknologi Pengisi Daya Super Cepat di Samsung Galaxy S6

Jelang gelaran MWC 2015, Samsung tampak kian mantap dengan persiapan menyibak perangkat terbarunya, Galaxy S6. Info terbaru tentang perangkat ini diberikan Samsung sendiri, bocoran berupa video singkat melalui akun Twitter mereka, yang menambah ramai serangkaian rumor yang sudah lebih dulu beredar.

Video teaser singkat yang diunggah oleh Samsung tersebut membeberkan adanya fitur pengisian baterai cepat yang akan disematkan di Galaxy S6. Kesimpulan itu diambil dari tagline dalam video yang berbunyi, “The faster I am, the more that gets done, and the more time I can give to others.” Yang sekilas menyiratkan kecepatan atau yang berhubungan dengan performa.

Di akhir video terdapat simbol petir yang biasanya digunakan oleh banyak orang untuk mewakili elemen listrik atau juga menjadi simbol status perangkat terhubung ke charger. Sehingga kecepatan yang dimaksudkan dalam teaser tersebut sangat mungkin berhubungan dengan pengisian daya baterai.

Info Menarik:Ini Dia 7 Aplikasi Spesial Imlek 2015

Seberapa cepat? Belum ada detail yang mengungkap informasi tersebut. Di rumor sebelumnya Samsung Galaxy S6 juga diyakini membawa baterai dengan kapasitas hanya 2600mAh, yang tentunya sangat mungil untuk perangkat high-end sekelas Galaxy S6. Bandingkan dengan seri pendahulunya, Galaxy S5 yang justru punya baterai 2800mAh.

Tetapi jika kita hubungkan dengan fitur pengisian daya cepat di atas cukup wajar jika Samsung memutuskan menggunakan baterai berkapasitas minim. Logikanya, semakin besar baterai maka makin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mengisi komponen hingga benar-benar penuh.

Pertanyaannya, untuk apa bisa mengisi baterai dengan cepat jika umur baterai tidak lebih panjang dari perangkat yang lebih murah?

Tahan dulu opini Anda, karena rumor terkait Galaxy S6 tak hanya itu, Samsung juga diyakini berniat untuk menyematkan fitur wireless charging, fitur yang dianggap mulai penting disematkan di perangkat smartphone khususnya perangkat kelas high-end. Bahkan sejumlah perangkat wearable sudah mengadopsi teknologi ini.

Kemudian soal spesifikasi, TRL sudah pernah beberkan bocoran dari SamMobile yang diperkirakan akan menggunakan Quad HD (2560 x 1440 piksel). Kemudian kamera perangkat kemungkinan membawa sensor 16MP atau 20MP. Akan ada tiga pilihan memori mulai 32GB, 64GB dan 128GB.

Info Menarik:Daftar Harga Hp Sony dan Penawaran Diskon Februari 2015

Lalu untuk urusan otak perangkat, seperti yang santer dikabarkan bahwa Samsung tampaknya tidak akan menggandeng Snapdragon, melainkan menjatuhkan pilihan ke komponen prosesor 64-bit Exynos 7420 yang memiliki kombinasi empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A57.

Samsung Galaxy S6 dijadwalkan menampakkan diri di ajang Mobile World Congress 2015 bulan depan, jadi dalam hitungan hari kita akan dapati kebenaran dari saga ini.

Sumber berita Ubergizmo.