Categories

Internet

Video Tentang Freelancer Desain Logo Lokal ini Akan Membuat Anda Terharu

wiku - 8 October 2014

Internet berguna bagi banyak orang, internet bisa meningkatkan kualitas hidup. Jargon yang saya sebutkan tadi bukanlah isapan jempol belaka dan sudah menjadi kenyataan.

Sebuah video dokumenter yang menjadi finalis acara Eagle Awards berikut ini adalah bukti nyata dari jargon yang saya sebutkan di atas.

Dunia freelancer online, yang ditandai dengan berbagai layanan atau marketplace untuk pekerjaan (seperti Odesk.com, Elance.com, Freelancer.com dan berbagai layanan lain), memungkinkan banyak orang untuk mendapatkan penghasilan dengan modal kerja yang tekun.

Para pemuda dari sebuah desa di Kaliabu, Magelang yang ada di video ini adalah salah satu contoh dari manfaat internet dan layanan marketplace untuk freelancer.

Para pemuda di desa tersebut kini berprofesi menjadi desainer logo dengan ikut serta dalam ‘kontes’ atau pekerjaan dari layanan marketplace freelance.

 

Info menarik: PrintScreen Memungkinkan Kita Mencetak Layar Sentuh di Benda Apapun

 

Salah satu pemuda yang disorot dalam video ini memiliki dua pekerjaan, malam hari membuat desain logo dengan berhadapan dengan komputer, di siang hari ia bekerja menjadi buruh tani atau buruh kayu.

Mas Ibin (nama dari pemuda ini) bahkan sebelumnya sama sekali tidak mengenal komputer, kini penghasilannya sudah dalam dollar yang diperoleh dari kontes desian logo yang ada di layanan marketplace freelance.

Beberapa klien yang pernah menggunakan hasil karya para ‘desainer kampung’ ini antara lain dari Amerika, Australia juga Tiongkok.

Video atau dokumenter pendek hasil karya M. Aprianto dan Amron yang berasal dari Magelang ini tayang Selasa 30 September di MetroTV. Dokumenter ini bagi saya sangat menginspirasi, membuat terharu dan memunculkan semangat berkarya. Baru beberapa menit menonton saya sudah merinding, karena saya tahu persis bagaimana rasanya menjadi seorang freelancer.

Video ini juga secara jelas menjawab pertanyaan: 'internet cepat buat apa?'

Berikut videonya.

http://www.youtube.com/watch?v=rHzqUHE4duc

PS: Saya tidak menemukan video asli dari akun Eagle Award MetroTV, jadi saya memuat video hasil unggahan pengguna YouTube.

Update: Link pertama videonya sudah tidak bisa ditonton, ditambahkan link lain. 

Via: Obi.ninja. 99design.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter