25 October 2017

by Glenn Kaonang

Vie Fit Adalah True Wireless Earphone dengan Desain Fleksibel yang Mengikuti Kontur Telinga

Menjanjikan kenyamanan tiada tara untuk setiap pengguna tanpa terkecuali

Mencari earphone yang terasa begitu pas di telinga adalah hal yang hampir mustahil dilakukan mengingat bentuk telinga manusia sangatlah bervariasi. Itulah mengapa custom-fit earphone macam keluaran JH Audio yang berharga selangit eksis, namun hal ini tidak mencegah startup asal Jepang bernama Vie Style untuk mencari jalan tengahnya.

Solusinya menurut mereka adalah penggunaan material silikon yang super-fleksibel. Begitu elastisnya silikon ini, bentuknya bisa mengikuti kontur telinga begitu pengguna menjejalkannya. Dari situ lahirlah Vie Fit, yang digadang-gadang sebagai true wireless earphone paling nyaman sejagat.

Konsep earphone dengan bahan silikon yang fleksibel ini bukanlah hal baru. Dua tahun lalu, muncul earphone bernama Revols di Kickstarter yang mengusung konsep serupa. Bedanya, Revols mengemas semacam gel khusus yang bakal menghangat dan mengeras sehingga eartip silikonnya bisa mengikuti kontur telinga.

Lain halnya dengan Vie Fit. Di dalamnya sama sekali tidak ada gel khusus ataupun material lain terkecuali komponen-komponen esensial yang membentuk earphone itu sendiri. Semuanya dikemas dalam bahan silikon super-empuk yang dengan mudahnya menyelinap masuk ke kanal telinga itu tadi.

Tidak kalah unik adalah unit driver Neodymium berdiameter 8 mm yang bisa berputar, sekali lagi mengikuti kontur telinga, sehingga suara yang dihasilkan bisa tersalurkan secara optimal langsung ke gendang telinga pengguna. Dengan cara kerja seperti ini, Vie Fit juga menjanjikan isolasi suara pasif yang efektif.

Sisa komponen lainnya ditempatkan di bagian luar yang tidak lentur, mulai dari baterai sampai chip Bluetooth 4.2. Baterainya sendiri diperkirakan bisa bertahan sampai 4,5 jam nonstop. Sebagai true wireless earphone, Vie Fit juga datang bersama charging case yang bisa menyuplai daya ekstra sampai total 33 jam.

Secara keseluruhan, bodi Vie Fit yang berbobot cuma 6 gram tahan guyuran air dengan sertifikasi IPX5. Perangkat ini sekarang sedang ditawarkan melalui Kickstarter dengan harga termurah $79 saja, sedangkan harga retail-nya diestimasikan berkisar $149.