22 February 2013

by Yoga Nandiwardhana

Vine Segera Hadir Untuk Android?

Vine, aplikasi perekam video enam detik yang sedang populer di media sosial, saat ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna iOS saja. Tapi tampaknya kecemburuan pengguna Android akan segera terobati karena Vine disinyalir akan segera membuat aplikasi mereka untuk Android.

Hal ini terendus oleh adanya posting-an lowongan pekerjaan di Vine sebagai Lead Android Engineer, yang bisa dilihat di halaman ini. Tertarik dengan lowongan tersebut? Para pelamar diharapkan sudah punya pengalaman minimal tiga tahun dalam mengembangkan aplikasi Android yang kompleks, dan tentu saja ada nilai lebih bila menguasai penggunaan kamera dan perekaman video dalam aplikasi yang pernah dibuat.

Mengingat aplikasi ini dirilis oleh Twitter, tidak mengherankan kalau pasti mereka ingin menyasar ke sebanyak mungkin pengguna di beragam platform sistem operasi.

Beberapa saat setelah dirilis, Vine sempat menimbulkan kontroversi karena banyaknya pengguna yang mengunggah muatan pornografi ke aplikasi tersebut. Bahkan salah satunya sempat secara tidak sengaja terpilih sebagai salah satu β€œEditor’s Picks.”

Terlepas dari kontroversi tersebut, aplikasi ini tetap populer karena kemudahan penggunaannya dan keunikan bentuk muatannya yang memicu kreativitas penggunanya. Terbukti dalam waktu singkat, sudah banyak selebriti dan brand yang menggunakan platform ini. Bahkan tidak sedikit yang menyebut kalau Vine bisa menjadi media jurnalisme baru.

Kapankah Vine akan menyambangi Android? Mari kita tunggu perkembangan selanjutnya.