Categories

Gadget

Virtual Drift Adalah Game Balap yang Memakai Mobil Asli Sebagai Controller-nya

Glenn Kaonang - 3 June 2015

Apa yang bisa kita manfaatkan dari teknologi virtual reality (VR)? Gaming? Desain? Bagi Castrol, VR bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produknya, yaitu oli mobil. Namun karena memanfaatkan teknologi VR, iklan oli mobil Castrol Edge ini merupakan salah satu iklan paling keren yang wajib Anda simak jika Anda mengaku sebagai seorang penggemar teknologi.

Proyek bernama Virtual Drift dari Castrol ini melibatkan berbagai teknologi canggih yang pada akhirnya ditujukan untuk memberikan pengalaman VR yang sangat berbeda dari biasanya. Mereka memodifikasi sebuah helm hingga menjadi rumah dari Oculus Rift Development Kit 2, lalu memasangkannya ke kepala seorang pembalap Formula Drift Professional bernama Matt Powers.

Selanjutnya, Matt diminta untuk mengebut dan bermanuver menggunakan mobil Ford Mustang generasi baru yang mengemas mesin 625 hp di sebuah lapangan kosong. Ini yang orang lain lihat, namun di mata Matt yang tengah mengenakan VR headset, rupanya ia tengah berupaya menyelamatkan diri dari ‘kiamat’ yang melanda dunia virtual-nya.

Tanah retak di mana-mana, dan hujan batu-batu besar turun tiada hentinya. Matt Powers beserta Ford Mustang yang ditungganginya terus bermanuver menghindari maut, sedangkan di mata orang-orang di sekitarnya, Matt tampak hanya sedang berputar-putar di sebuah lapangan kosong tanpa tujuan yang jelas.

Info menarik: Seperti Inilah Penampilan Versi Retail Oculus Rift

Bagaimana ini bisa terjadi? Rahasianya terletak pada riset dan eksperimen yang dilakukan oleh tim kreatif Castrol Edge. Muscle car yang dikemudikan tersebut sejatinya telah disulap menjadi sebuah controller raksasa untuk game balapan yang ditenagai oleh Unreal Engine 4 dan teknologi Nvidia PhysX.

Pertama-tama, GPS beserta segudang sensor lain yang tersematkan di sekujur bodi mobil dipakai untuk membaca pergerakan sang mobil. Di bagasi mobil, tim Castrol Edge membangun komputer server yang dijejali sederet kartu grafis kelas atas, Nvidia GTX 980. Server ini bertugas membaca dan mengolah seluruh data yang dibutuhkan, mulai dari kecepatan, akselerasi hingga pengereman mobil.

Data-data di dunia nyata tersebut kemudian diteruskan dan disinkronisasikan ke Oculus Rift DK2 yang dipakai oleh sang pembalap. Saat mobil bergerak di dunia nyata, sang pembalap juga akan merasakan hal yang sama di dunia virtual.

Info menarik: Inilah Daftar Hardware Yang Dibutuhkan Buat Menjalankan Oculus Rift

Hasil akhirnya, Matt Powers pun bisa dikatakan tengah bermanuver dengan mata tertutup, karena apa yang tampak di matanya merupakan hasil rekayasa. Gampangnya, Virtual Drift ini merupakan game balap yang menggunakan mobil asli sebagai controller-nya. Sepintas memang terdengar mengerikan, akan tetapi paling tidak kita bisa mendapatkan gambaran mengenai potensi sebenarnya dari teknologi VR.

Ke depannya, Castrol Edge sudah berencana merilis Virtual Drift ke publik sehingga pemilik Oculus Rift maupun Samsung Gear VR bisa turut merasakan seberapa immersive pengalaman VR yang ditawarkan. Untuk sekarang, Anda bisa menikmatinya dalam wujud video interaktif 360 derajat di bawah ini – pastikan Anda memakai browser Google Chrome.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter