Categories

Gadget

Visiobike, ‘Sepeda Elektrik’ Canggih Yang Dapat Terhubung ke Device Pintar Anda

Yoga Wisesa - 3 September 2014

Semenjak banyak pihak turut serta dalam kampanye ‘go green‘, kita sudah menyaksikan munculnya berbagai sistem transportasi ramah lingkungan. Beberapa orang juga kembali menggunakan sepeda sebagai alat menuju tempat kerja. Dan bagi yang menanti sepeda berkonektivitas modern, sebuah perusahaan asal Kroasia punya kabar gembira untuk Anda.

Diperkenalkan dengan nama Visiobike, dari luar ia terlihat seperti sepeda biasa. Visiobike adalah karya entrepreneur sekaligus pecinta sepeda, Marko Matenda. Ia memiliki frame serat karbon, dan seperti sepeda elektrik lain, juga dilengkapi motor – berjenis MDF Drive 5.1, dengan sumber tenaga baterai lithium-ion 14,5-Ah buatan Panasonic.

Memanfaatkan sistem drivetrain hybrid bernama pedelec, motor akan menggandakan tenaga kayuhan pada pedal. Bedanya dari sepeda elektrik lain, pedelec memberikan tenaga dorong lebih besar, sangat berguna saat Anda melewati tanjakan. Teknologi unik tersebut mampu menghitung serta menyesuaikan kecepatan dan torsi secara harmonis dengan kemampuan Anda.

 

Info menarik: Lima Konsep Teknologi Transportasi Masa Depan yang Mungkin Akan Segera Hadir

 

Tapi bukan hanya itu kemampuan unggulan Visiobike. Komponen-komponen sepeda pintar ini, seperti motor elektrik, baterai, kamera, sistem transmisi otomatis, chip GPS dan GSM terkoneksi ke chipset in-house yang dimilikinya. Sebuah app smartphone disediakan untuk mengontrol dan mengakses semuanya via sambungan Bluetooth serta menampilkan segala informasi penting.

Saat tersambung, handset bekerja seleras dengan Visiobike dan Anda tinggal menambatkannya di dekat kemudi. App akan memperlihatkan speedometer, jarak tempuh, pengendali lampu, status baterai hingga opsi tingkat bantuan kayuh pada pedal. Swipe layar ke kiri untuk akses ke sistem navigasi bertenaga Google (atau Apple) Maps, dan swipe ke kanan untuk melihat ke belakang melalui kamera di bawah bangku.

Modul GSM dan GPS-nya memungkinkan Anda melacak Visiobike secara real-time, sebagai salah satu fitur anti-pencurian. Ia juga sangat berguna seandainya Anda lupa posisi parkir. Seluruh data disimpan di cloud, dimana Anda bisa mengecek info statistik kapanpun melalui perangkat mobile ataupun PC. Dalam menunya, Anda dapat mengubah dan menyesuaikan opsi setting. Dan dari update terakhir di laman Google+ mereka, Visiobike tampaknya mendukung Google Glass.

 

Info menarik: Kazbrella, Payung Unik Dengan Desain ‘Terbalik’

 

Sebagai fitur keamanan, lampu akan menyala otomatis berkat sensor cahayanya. Lalu Visiobike memiliki sistem rem cakram hidrolik berkualitas tinggi buatan Magura. Jika mendeteksi benturan, Visiobike otomatis merekam data perjalanan berdurasi tiga menit. Ia juga langsung bertanya apakah Anda baik-baik saja dan mengaktifkan layanan darurat jika pengendara tidak merespon.

Untuk mengumpulkan dana, ide Visiobike tadinya dipresentasikan melalui situs crowdfunding Indie Gogo, tapi program tersebut gagal. Namun sepeda berkonsep futuristik ini bangkit kembali, dan kini Anda sudah bisa memesannya. Visiobike ditawarkan dalam dua varian: Carbono 250W seharga €4.500 (US$ 5.900-an) dan Carbono 500W seharga €5.000 (US$ 6.500-an). Anda boleh langsung memesannya melalui Visiobike.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter