Categories

Game

Visor Ibarat Pelatih Pribadi bagi Pemain Baru Overwatch

Manfaatkan machine learning dan computer vision untuk menganalisa jalannya permainan dan memberikan umpan balik secara instan

Glenn Kaonang - 15 August 2018

Layaknya game-game kompetitif lain, banyak hal yang harus dipelajari ketika bermain Overwatch. Jago membidik saja tidak cukup di game ini, sebab kita juga harus bisa beradaptasi dengan gaya bermain yang berbeda untuk setiap hero. Menguasai satu hero saja pun juga tidak ideal sebab tim lawan bisa meng-counter dengan mudah menggunakan hero yang tepat.

Ditambah lagi faktor komunikasi juga memegang peran penting mengingat Overwatch adalah game yang team-based. Singkat cerita, semua itu berpotensi membuat pemain baru kewalahan. Lalu apa solusinya? Membaca atau menonton tutorial yang ada di internet?

Betul, tapi kita tak bisa mengandalkan itu saja, sebab kalau berdasarkan pengalaman pribadi saya bermain Overwatch, merasakan permainan secara langsung adalah teknik belajar yang pengaruhnya paling besar. Hal yang sama pun juga berlaku di game lain, seperti misalnya Dota 2, meski game itu sifatnya lebih ‘menghukum’ buat pemain baru.

Notifikasi dari Visor yang muncul ketika pemain menahan skill ultimate-nya terlalu lama / Visor

Kabar baiknya, sekarang ada software bernama Visor yang dapat membantu pemain baru lebih cepat menguasai Overwatch. Visor terintegrasi langsung pada Overwatch, memanfaatkan teknologi computer vision dan machine learning untuk menganalisa jalannya permainan, lalu memberikan umpan balik secara real-time.

Contoh yang paling simpel, Visor akan memberi peringatan dalam bentuk notifikasi ala smartphone ketika meteran skill ultimate Anda sudah penuh dan siap digunakan. Contoh lain, Visor bakal mengingatkan Anda untuk membantu healer di tim Anda yang kerap menjadi incaran tim lawan.

Sepanjang permainan, kita dapat memantau ringkasan performa masing-masing. Kemudian di akhir setiap pertandingan, Visor juga akan menampilkan statistik performa yang lebih lengkap, dengan harapan kita bisa belajar dari kesalahan dan menyempurnakannya di pertandingan selanjutnya.

Sepintas Visor terkesan bisa diibaratkan seperti pelatih tim esport. Anda boleh menganggapnya begitu, tapi konteksnya jelas berbeda. Pelatih tim esport itu jelas di konteks profesional, sedangkan Visor ditujukan buat pemain-pemain kasual yang rutin menikmati Overwatch.

Menariknya, inovasi bikinan Visor ini sebenarnya juga bisa diterapkan untuk game lain, namun pengembangnya untuk saat ini baru berfokus pada Overwatch. Maklum, timnya baru berisikan delapan orang saja. Namun kabar baiknya, Visor juga sudah mengamankan pendanaan sebesar $4,7 miliar dari investor demi mempercepat pengembangannya.

Saat ini versi open beta Visor sudah bisa diunduh melalui situs resminya. Kalau Anda baru saja mulai bermain Overwatch, tidak ada salahnya untuk mencoba Visor.

Sumber: VentureBeat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter