Categories

Gadget

vivo TWS 2 ANC Adalah Earphone Pertama vivo dengan Adaptive Noise-Cancellation

TWS dengan Noise-Cancellation ini dibanderol dengan harga satu jutaan saja

Lukman Azis - 11 October 2021

Untuk melengkapi pengalaman premium di smartphone, beberapa pabrikan smartphone rutin menghadirkan perangkat True Wireless Stereo atau berikutnya kita singkat saja TWS. Salah satunya vivo, masih ingat pada bulan April lalu mereka merilis X60 Pro dengan TWS Neo.

Pada peluncuran vivo X70 Pro belum lama ini, mereka juga mengumumkan TWS 2 series yang terdiri dari TWS 2 ANC dan TWS 2e. Masing-masing dijual seharga Rp1.099.000 dan Rp799.000, seperti apa fitur-fiturnya?

Fitur vivo TWS 2 Series

Dari namanya saja, kita sudah bisa menebak fitur unggulan vivo TWS 2 ANC. Ya, ia merupakan earphone pertama dari vivo yang dilengkapi dengan teknologi adaptive noise-cancellation yang dapat secara dinamis mengeliminasi kebisingan sekitar hanya dalam satu sentuhan.

Ia dapat mendeteksi suara eksternal secara terus-menerus dan membalikkan gelombang suara untuk menghilangkan kebisingan hingga 40dB. Anda juga dapat memilih tiga level noise cancellation secara manual, tinggi, normal, dan rendah.

Beberapa tahun lalu, noise-canceling termasuk fitur premium di TWS dan setidaknya dijual di atas 2-3 jutaan. Namun sekarang sudah dapat ditemukan di TWS satu jutaan seperti vivo TWS 2 ANC.

Permintaan TWS yang tinggi dan banyaknya pemain yang masuk membuat pasar TWS sangatlah kompetitif. Konsumen cukup diuntungkan karena ada banyak model TWS yang dirilis dengan berbagai rentang harga dan adopsi teknologi TWS yang cepat.

Dari segi desain, TWS 2 ANC tampil cukup simpel dengan tipe in-ear dan tersedia dalam opsi warna khas vivo starry blue dan moonlight white. Bentuknya dibuat seringkas mungkin, dimensi earphone-nya 23,8x22,2x30,2 mm dan 60x24,3x45,4 mm untuk charging-nya.

Total bobotnya 41,9 gram dan per earphone hanya 4,9 gram, sangat ringan agar nyaman digunakan seharian sambil beraktivitas. Bodi dari earphone pun sudah dustproof dan waterproof dengan peringkat IP54.

Fitur lain termasuk transparency mode yang memungkinkan mendengarkan suara luar layaknya saat tidak memakai earphone. Jadi, Anda dapat berbicara dengan orang-orang di sekitar tanpa perlu melepas earphone.

Selain itu, latensi audio-nya hanya serendah 88ms. Sedangkan untuk daya tahan baterainya, TWS 2 ANC dapat bertahan hingga 7,3 jam sekali pengisian dengan noise cancellation dimatikan dan 4,1 jam dengan noise cancellation aktif. Serta, totalnya menjadi 29 jam dengan charging case saat noise cancellation dimatikan.

Beralih ke vivo TWS 2e, versi terjangkau dari TWS 2 ANC ini dibanderol Rp300.000 lebih murah karena tanpa teknologi noise-cancellation. Ukuran per earphone-nya sedikit lebih ringan yakni hanya 4,7 gram dan latensi audio-nya 117 ms. Daya tahan baterainya mencapai 7,6 jam dan 30 jam dengan charging case, spesifikasi lainnya cukup identik dengan TWS 2 ANC.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter