22 April 2019

by Bambang Winarso

Vivo Umumkan Smartphone yang Bakal Kebagian Update Android Pie

Funtouch OS 9 dijadwalkan untuk menyambangi 13 perangkat buatan Vivo

Android 9.0 Pie diumumkan pertama kali pada bulan Agustus tahun lalu. Kehadirannya di perangkat smartphone lahir beberapa saat kemudian. Namun adopsi Android Pie sebagai sistem operasi terbaru belum benar-benar merata. Sejumlah pabrikan memang mencoba mengejar ketertinggalannya, namun pada faktanya upaya yang dilakukan dapat dibilang cenderung lambat.

Yang paling baru, Vivo ikut mengumumkan kesiapannya untuk merangkul Andorid Pie sebagai interface di perangkat-perangkat buatannya. Dipaparkan dalam sebuah roadmap yang rapi, Vivo mengklaim bakal merampungkan pendistribusian update Android 9.0 Pie untuk sejumlah perangkat terbarunya dalam custom ROM Fun Touch OS 9.0 yang sudah mulai ketika Vivo X27 diluncurkan bulan lalu di Tiongkok.

Program beta FunTouch OS versi 9 yang berbasiskan Android Pie sendiri sudah dimulai sejak 2018 silam. Ada lima perangkat yang saat ini sedang diujikan, yaitu Vivo X21i, Vivo X23, Vivo X23, Edisi Simfoni dan Vivo Z1. Model-model lain seperti Vivo X21, Vivo X21 UD, Vivo X21s, Vivo NEX A/S/versi layar ganda, dan Vivo Z3i akan kebagian jatah beta terbuka pada bulan Juni. Sementara Vivo Z3 akan mendapatkan beta terbuka pada bulan Juli. Maka, total ada 13 model smartphone keluaran Vivo yang dipastikan memperoleh jatah update Funtouch OS 9 sampai dengan bulan Juli 2019 mendatang.

Lalu bagaimana dengan smartphone keluaran sebelum 2018? Sayang Vivo belum buka suara soal nasib mereka, apakah akan mendapat giliran belakangan atau tidak sama sekali. Satu lagi, update di atas juga kemungkinan besar hanya untuk pengguna di kawasan Tiongkok. Untuk negara lain, waktu peluncurannya sangat mungkin akan berbeda.

Sumber berita ITHome via GSMArena.