Categories

Gadget

Vivo V21 Diperkenalkan di Indonesia: Pertama dengan OIS pada Kamera Depan

Smartphone pertama dengan OIS di kamera depan

Dimas Galih W. - 25 May 2021

Seri V dari Vivo kembali mendapatkan sang penerus. Kali ini, Vivo V21 5G merupakan smartphone yang diperkenalkan oleh salah satu anak perusahaan BBK Group tersebut. Acara peluncurannya sendiri diadakan secara live pada tanggal 24 Mei 2021 pada saluran media sosial resmi dari Vivo Indonesia.

Vivo V21 5G merupakan smartphone pertama di Indonesia yang memiliki Dual OIS. Kamera utama dan depan merupakan dua kamera yang memiliki kemampuan untuk membuat foto dan video menjadi stabil. Kamera depannya sendiri memiliki resolusi 44 MP yang ditemani dengan dua flash light yang diklaim bakal membuat selfie di malam hari serta saat streaming menjadi lebih baik . Pada bagian belakangnya, Vivo V21 5G dibekali dengan 3 modul kamera, yaitu kamera dengan sensor 64MP yang memiliki teknologi ISOCELL 2.0, 8MP Super-Wide Angle, dan Bokeh Effect serta 2MP Macro Camera.

Vivo V21 5G juga memiliki teknologi virtual memory dengan nama Extended RAM. Fitur ini mampu menambah RAM menjadi 11 GB dari 8 GB dengan mengambil kapasitas penyimpanan internal sebesar 3 GB. Vivo mengklaim bahwa dengan menggunakan Extended RAM, smartphone ini akan dapat membuka 20 aplikasi di latar belakang secara bersamaan. Ruang yang diambil tentu saja yang sedang tidak terpakai untuk data maupun instalasi aplikasi lainnya.

Perangkat ini juga yang pertama menggunakan SoC Mediatek Dimensity 800U, dengan prosesor dual core 2.4 GHz Cortex-A76 dan 6 inti 2.0 GHz Cortex-A55. Mali-G57 MC3 adalah GPU yang digunakan pada perangkat ini. Penyimpanan internalnya memiliki kapasitas 128 GB dengan teknologi UFS 2.2. Terakhir, baterai yang ditanamkan berkapasitas 4000 mAh, yang juga membuat Vivo V21 5G menjadi lebih ramping.

“Lewat seri terbaru vivo V21 5G, kami ingin membawa kembali kesuksesan V-Series sebelumnya dengan berbagai peningkatan baru, seperti teknologi Dual OIS Night Camera di kamera depan dan belakang, tampilan desain yang ramping dan stylish, serta performa tangguh, yang akan mendukung pengguna agar selalu selalu stand-out ketika berbagi momen terbaik mereka,” pungkas Ricky Bunardi, Senior Product Manager vivo Indonesia.

Selain smartphone, Vivo juga memperkenalkan sebuah wireless earphone terbaru mereka. Perangkat yang bernama Vivo Wireless Sport Lite ini memiliki Moving Coil 11,2mm dari Daikoku Jepang dengan polimer tinggi, menghasilkan suara frekuensi rendah atau bas yang kuat. Vivo Wireless Sport Lite memiliki  latensi serendah 80ms, membuatnya cocok untuk digunakan bermain game. Selain itu, fitur Active Noise Cancelationjuga hadir pada perangkat yang satu ini.

Vivo V21 5G dipasarkan dengan hargaRp 5.799.000 dan vivo Wireless Sport Lite dengan harga Rp 399.000. Penjualan pun dilakukan pertama kali dengan cara pre order dari tanggal 24 Mei hingga 29 Mei 2021. Penjualannya juga dilakukan secara online mau pun offline.

Extended RAM: Virtual Memori seperti pada Windows?

Teknologi Extended RAM juga hadir pada Vivo V21 5G, di mana diklaim mampu menambah kapasitas RAM pada sebuah smartphone. Tidak tanggung-tanggung, Vivo menjanjikan penggunaan yang lebih mulus dan mampu menjalankan 20 aplikasi di latar belakang tanpa cela. Sebenarnya, seperti apa teknologi dari Extended RAM tersebut?

Ricky mengatakan bahwa teknologi ini akan mengubah kapasitas 3 GB ROM yang idle atau tidak terpakai menjadi RAM saat dibutuhkan. Proses seperti ini sudah diterapkan pada PC, seperti Virtual Memory. Jadi, sebenarnya extended RAM ini bukanlah sebuah teknologi baru, namun baru diterapkan pada smartphone saja. Vivo hanya memindahkan teknologi yang sudah ada pada sebuah laptop ke smartphone.

Dengan teknologi ini, seorang pengguna dapat merasakan total RAM menjadi 11 GB. Saat sudah tidak dibutuhkan lagi, nantinya isi dari RAM yang ada pada ROM tersebut akan dilepas. Jadi bagi yang sedang suka terhadap game-game yang membutuhkan resource yang besar, akan terasa perbedaan saat menggunakan fitur yang satu ini.

Frekuensi 5G yang didukung sudah mencakup operator Indonesia?

Saat tulisan ini dimuat, sudah ada operator yang sedang menggelar uji coba jaringan 5G. Dua channel yang diketahui sedang digunakan adalah n40 pada 2300 MHz dan n3 pada 1800 MHz. Beberapa perangkat 5G yang sudah beredar di pasar Indonesia ternyata belum mendukung salah satu band yang digunakan tersebut. Bagaimana dengan Vivo V21 5G?

Ricky mengatakan bahwa nantinya Vivo V21 5G bakal mendukung semua band yang ada di Indonesia. Vivo V21 5G sendiri sudah mendukung band n1, n3, n7, n8, n28, n40, n41, dan n78. Akan tetapi, Vivo juga akan mengikuti perkembangan mengenai band mana yang nantinya bakal digunakan di Indonesia. Jika band yang diresmikan nantinya berbeda, Vivo akan mencoba untuk meng-upgrade dukungan jaringan 5G-nya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter