Berbekal FullView display dengan notch dan teknologi kecerdasan buatan (AI), Vivo Indonesia resmi merilis smartphone v-series terbaru mereka di Indonesia yaitu Vivo V9 yang dibanderol seharga Rp3.999.000. Acara peluncuran tersebut bertempat di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (29/3/2018).

Vivo V9 membawa teknologi FullView display 6,3 inci yang ditopang resolusi Full HD+ 1080×2280 piksel dan rasio layar 19:9. Desain notch atau ‘layar berjidat’ digunakan tak hanya untuk mencapai rasio screen-to-body yang lebih tinggi tapi guna memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna untuk yang ingin tampil modis.

Kendati sudah mengusung layar notch ala iPhone X, sayangnya kita masih menjumpai adanya dagu di bawah layar. Jason Fanjaya, Produk Manager Vivo Indonesia mencoba menjelaskan alasannya: “Hal tersebut demi kenyamanan pengoperasian dan menghindari sentuhan-sentuhan yang tidak disengaja karena kita cenderung menyentuh bagian bawah, serta mengakomodasi sistem gesture,” demikian papar Jason.

Kemudian teknologi AI yang dibawa hadir untuk meningkatkan pengalaman ber-smartphone dan kemampuan fotografi. Kamera depan 24-megapixel didukung fitur AI Face Beauty, AI Selfie Lighting, dan AR Sticker. Sementara, kamera belakang ganda 13-megapixel dan 2-megapixel dibekali fitur AI Bokeh, AI HDR, dan AI Scene Recognition.

Sedikit penjelasan, fitur AI Face Beauty memungkinkan kamera Vivo V9 mampu mengidentifikasi objek foto, misalnya pria atau wanita, usia, warna kulit, tekstur wajah, dan lingkungan pencahayaan di sekitarnya sehingga hasilnya tetap natural. Kemudian AI Selfie Lighting memungkinkan kita menjepret foto selfie dimanapun meski dalam kondisi cahaya rendah. Sedangkan AR Sticker kita bisa membubuhi foto selfie dengan beragam stiker menarik.

Selanjutnya, AI Bokeh bisa digunakan untuk memotret foto dengan latar belakang blur, bisa menggunakan kamera belakang atau depan. AI HDR membuat Vivo V9 mampu menangkap detail terang dan gelap dengan baik. Serta, AI Scene Recognition, di mana AI akan mempelajari preferensi pengaturan kamera yang sering kita gunakan.

Selain itu, masih ada lagi sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan, seperti AI Smart Engine yang memastikan performa tetap kencang, AI Face Access sehingga fitur face unlock menjadi lebih aman, dan AI Attention Sensing yang intinya memberi kenyamanan dalam menggunakan smartphone.

Vivo-V9-Indonesia-7

Mengenai spesifikasi Vivo V9, smartphone Andorid 8.1 Oreo ini bertenaga chipset Qualcomm Snapdragon 450, ditopang RAM 4GB, dan ruang penyimpanan 64GB. Harga Vivo V9 dibanderol Rp3.999.000 dan tersedia dalam warna black dan gold, serta akan menyusul warna cool blue limited edition.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.