16 January 2019

by Bambang Winarso

Bawa Kamera Ganda dan Desain Gradien Cantik, Vivo Y91 Dibanderol $154

Vivo Y91 akan bersaing dengan jagoan-jagoan dari Realme dan Redmi

Vivo diam-diam meluncurkan smartphone baru di India. Dinamai Vivo Y91, smartphone ini fokus pada kemampuan kamera dengan konfigurasi dua di belakang dan satu di depan yang ditenagai kecerdasan buatan guna menghasilkan jepretan sempurna. Tapi di bagian lain, Vivo Y91 mempunyai bekal cukup menjanjikan untuk bersaing dengan Realme dan juga Redmi. Harganya juga tak berbeda jauh.

Vivo Y91 sebenarnya sudah diluncurkan di Filipina beberapa minggu yang lalu. Selain kamera gandanya yang apik, smartphone dengan Funtouch OS ini juga punya desain gradien glossy di belakang dengan tambahan sensor sidik jarinya yang canggih.

Tetapi untuk model yang diluncurkan di India, Vivo melakukan sedikit perubahan, di mana dapur pacu yang digunakan adalah MediaTek Helio P22, bukan Snapdragon 439 buatan Qualcomm. Selanjutnya, Vivo juga meluncurkan hanya model tunggal dengan RAM 2GB dan penyimpanan 32GB. Selebihnya tak ada perbedaan.

Konfigurasi kamera Y91 terdiri dari sensor primer 13-megapiksel (f / 2.2) dan sensor ekstra beresolusi 2-megapiksel (f / 2.4) untuk menangkap kedalaman. Sementara di bagian depan, terdapat sensor 8 megapiksel (f / 1.8) untuk menangani selfie. Kamera yang didukung teknologi AI ini menghadirkan sejumlah fitur seperti smart beautification yang mendeteksi atribut seperti jenis kelamin, warna kulit, dan pencahayaan eksternal untuk menerapkan efek yang diperlukan dan memberikan foto terbaik. Mode potret, pengambilan gerak lambat dan face unlock sebagai alternatif sensor sidik jari di bagian belakang.

Dual-SIM Vivo Y91 (Nano + Nano) memiliki dukungan konektivitas 4G, Wi-Fi, Bluetooth 5.0, GLONASS, GPS, dan Wi-Fi 2.4G. Ada juga lubang USB 2.0 untuk pengisian daya dan transfer file serta bekal baterai 4.030mAh yang didukung oleh sistem manajemen daya pintar untuk menghemat konsumsi daya. Di India, Vivo Y91 ditawarkan seharga Rs. 10,990 atau setara dengan $154.

Sumber berita GSMArena dan Amazon India.