12 February 2018

by Lukman Azis

VLC Media Player Versi 3.0 Dukung Chromecast dan HDR 10

Bisa memutar konten video berbagai format lewat layar televisi

Kebanyakan smartphone memang tidak dibekali dengan fitur pemutar video yang mumpuni, biasanya kita harus menginstal aplikasi pihak ketiga. Salah satu media player populer untuk memutar berbagai format video di perangkat mobile yaitu VLC telah menerima pembaruan besar ke versi 3.0.

Pembaruan dengan kode 'Vetinari' ini menambahan dukungan untuk Chromecast dan format video HDR 10 bit. Artinya kita bisa meng-cast atau men-streaming konten ke layar televisi.

Dari ujicoba yang saya lakukan, setelah smartphone terhubung ke Chromecast, ikon stream akan muncul di pojok kanan atas. Sayangnya performanya masih kurang stabil, video dengan resolusi 720p masih bisa diputar dengan cukup lancar, tapi video 1080p entah kenapa tidak bisa dimuat.

Sebagai tambahan, VLC juga bisa mentranskode dan stream media meski perangkat penerima Chromecast tidak memiliki dukungan codec media pihak ketiga. Namun fitur ini masih dalam versi beta dan akan ditingkatkan seiring berjalannya waktu.

Tambahan lainnya adalah dukungan akselerasi hardware pada semua platform, video 360 derajat dan audio 3D, decoding harware untuk video 4K dan 8K dengan konsumsi CPU yang tidak terlalu besar, dan Blu-Ray Java. Serta dukungan platform seperti Samsung DeX, Android Auto, Chromebook, dan banyak lagi.

Fitur baru pada VLC Player 3.0 ini membuatnya semakin powerful. Developer VLC mengatakan bahwa versi 3.0 ini merupakan versi mayor pertama yang dirilis di semua platform, termasuk Windows, MacOS, Linux, Android, dan iOS, sehingga mampu meningkatkan pengalaman penggunanya secara keseluruhan.

Application Information Will Show Up Here

Sumber: Androidauthority