23 April 2015

by Glenn Kaonang

Volvo Lounge Console Tawarkan Kenyamanan Penerbangan First Class di Kabin Mobil

Kalau Anda tiba-tiba kaya mendadak karena menjabat sebagai bos perusahaan besar dan Anda sedang berburu mobil baru, apa yang menjadi kriteria utama Anda? Buat saya, yang penting kabin belakangnya nyaman sehingga saya bisa terus bersantai selagi sopir kepercayaan saya mengemudikan mobil.

Anda bisa membeli sebuah limousine untuk mendapatkan itu semua, tapi mungkin sedan dengan panjang bodi abnormal bukan gaya Anda. Untuk itulah Volvo meracik konsep terbarunya yang dinamai Lounge Console.

Volvo Lounge Console hadir lewat SUV XC90 Excellence yang tengah dipamerkan di ajang Auto Shanghai 2015. Perombakan interior pada varian spesial XC90 ini membawa aspek kemewahan dan kenyamanan kabin mobil ke tingkat yang setara dengan penerbangan first class.

Volvo XC90 Excellence. Sumber: Volvo

Pabrikan mobil asal Swedia tersebut memangkas baris ketiga SUV andalannya, menukar jok depan sebelah pengemudi dengan bantalan kaki, dan menyematkan sejumlah kompartemen tersembunyi di dalam kabin XC90 Excellence – menyulapnya menjadi sebuah lounge berjalan, namun dengan panjang bodi yang masih normal.

Info menarik: Audi Prologue Allroad, Dibekali Kabin Futuristis yang Bisa Mengenali Setiap Penumpangnya

Penumpang belakang – dalam kasus ini seorang eksekutif yang berkantong tebal – akan menjumpai ruang kaki yang amat luas, dan tentu saja, ia bisa menempatkan sepasang kakinya di atas bantalan yang empuk tersebut. Agar tidak menyia-nyiakan ruang, bantalan tersebut juga berfungsi untuk menyimpan sepatu, plus kompartemen khusus untuk menyimpan barang-barang berharga, seperti arloji berharga miliaran atau segepok uang tunai.

Volvo tampaknya juga paham bahwa dewasa ini populasi eksekutif wanita semakin besar; tarik bagian depan bantalan tersebut – dengan menekan tombol, bukan secara manual – maka sebuah meja kecil akan bergerak mendekati Anda. Saat Anda buka, tampak sebuah cermin dan meja rias portabel yang juga bisa difungsikan sebagai kotak penyimpan perhiasan.

Putar meja kecil itu 90 derajat, maka Anda akan disambut oleh sebuah layar LCD berukuran 17 inci sehingga Anda bisa bersantai selagi menikmati konten multimedia. Lounge Console juga dilengkapi sistem pencahayaan canggih yang akan berpenjar dengan lembut pada satu bagian kabin saja, tanpa mengganggu penumpang di sebelahnya maupun sopir yang tengah berkonsentrasi.

Di bagian tengah, terdapat sebuah kotak pendingin. Tekan satu tombol, maka meja kecil lain akan menjulang ke hadapan Anda, lengkap dengan sebuah tatakan gelas wine. Sekali lagi saya bilang, ini merupakan sebuah lounge berjalan.

Silakan nikmati sejumlah foto tambahan Volvo Lounge Console yang saya dapatkan dari rilis resminya, serta video promosinya di bawah ini.

Sumber: Volvo dan Car & Driver.