Categories

Otomotif

Pemilik Mobil Volvo Tak Lama Lagi Bisa Mengontrol Mobilnya Lewat Smartwatch

Glenn Kaonang - 1 June 2015

Di ajang CES 2015 bulan Januari kemarin, Hyundai sempat mencuri perhatian ketika mendemonstrasikan bagaimana smartwatch Android Wear bisa dimanfaatkan untuk mengakses beragam fungsi pada mobil. Satu bulan kemudian, sebuah tim developer memamerkan konsep aplikasi Apple Watch yang bisa mengontrol mobil listrik Tesla Model S.

Dari kedua contoh di atas, saya kira sah-sah saja apabila kita beranggapan bahwa integrasi smartwatch dengan mobil ke depannya akan semakin meluas. Sejatinya kita tidak sendirian, karena pabrikan otomotif asal Swedia, Volvo, tampaknya juga mengamini anggapan tersebut.

Mereka berencana merilis update untuk aplikasi Volvo On Call. Sebagai informasi, aplikasi ini sebelumnya telah memungkinkan pemilik mobil Volvo yang kompatibel untuk mengakses sejumlah fungsi mobil melalui smartphone-nya masing-masing.

Pada update terbarunya nanti, Volvo On Call juga akan mendarat di ranah smartwatch, khususnya di Apple Watch dan Android Wear. Dengan demikian, pemilik mobil Volvo yang menggunakan Apple Watch atau smartwatch Android Wear nantinya bisa membuka/mengunci pintu mobil, menyala-matikan AC dari luar, mengecek sisa bahan bakar, tidak ketinggalan pula kemampuan untuk melacak lokasi mobil yang sedang diparkir di basement sebuah pusat perbelanjaan, misalnya.

Info menarik: Volvo Lounge Console Tawarkan Kenyamanan Penerbangan First Class di Kabin Mobil

Selain kompatibilitas Volvo On Call dengan dua platformsmartwatch tersebut, Volvo juga akan menyempurnakan aplikasinya yang sudah tersedia di iOS maupun Android dengan tampilan baru. Yang menarik, Volvo On Call untuk Windows Phone akan mendukung fungsi perintah suara dengan bantuan Cortana.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Volvo On Call nantinya juga akan mendapat semacam integrasi dengan sistem infotainment milik mobil. Salah satu contohnya adalah fitur “send-to-car” yang memungkinkan pengguna untuk mengirim panduan navigasi dari perangkat mobile atau smartwatch menuju dashboard secara langsung.

Selain Volvo dan Hyundai, pabrikan-pabrikan lain sebenarnya juga menerapkan langkah yang serupa dalam hal integrasi smartwatch dengan mobil. Berdasarkan laporan Motor Trend, trio vendor mobil asal Jerman – Porsche, Volkswagen dan Mercedes-Benz – sebelumnya juga telah mengimplementasikan kesinambungan antara smartwatch dan mobil ini.

Akhir kata, sebagai konsumen, kitalah yang akan mendapat banyak keuntungan berkat ‘perkawinan’ antara industri teknologi dan industri otomotif. Kalau dulu smartwatch hanya bisa meneruskan notifikasi dan memonitor aktivitas, kini smartwatch juga bisa menjadi sarana interaksi kita dengan mobil.

Sumber: Volvo dan Motor Trend.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter