VR Headset HTC Link Dirancang Khusus untuk Smartphone HTC U11

Menawarkan tracking 6DOF, sayang hanya akan tersedia di Jepang saja

Belum lama ini, Google mengabarkan bahwa HTC dan Lenovo sedang mengerjakan standalone VR headset untuk platform Daydream. Namun sebelum itu terealisasi, HTC rupanya punya kejutan lain di segmen virtual reality.

Kejutan itu adalah HTC Link, sebuah VR headset baru yang secara spesifik dirancang untuk disandingkan dengan smartphoneHTC U11. Uniknya, Link punya sepasang display sendiri, masing-masing merupakan panel LCD berukuran 3,6 inci dengan resolusi 1080 x 1200 pixel, field of view seluas 110 derajat, dan refresh rate 90 Hz.

Karena dibekali layar sendiri, Link tidak punya ruang untuk menggotong U11. Jadi bukannya menyelipkan ponsel ke dalam Link, pengguna justru menyambungkan keduanya via kabel USB-C.

Paket penjualan HTC Link di Jepang / HTC

Unik juga dari Link adalah kapabilitas tracking 6DOF, alias six degrees of freedom secara menyeluruh – pertama kalinya untuk VR headset berbasis smartphone. Link turut didampingi oleh sepasang controller macam PlayStation Move, dan tracking-nya mengandalkan sensor eksternal (kamera) seperti cara kerja PSVR.

Kabar buruknya, perangkat ini hanya akan tersedia secara eksklusif di Jepang saja, dan HTC sudah mengonfirmasi bahwa mereka tak punya rencana untuk memboyongnya ke negara lain. Entah alasan pastinya kenapa, padahal saya yakin bakal ada banyak otaku yang tertarik mengingat HTC sudah menyiapkan konten hasil kolaborasinya bersama kreator anime Ghost in the Shell.

HTC Link datang bersama sepasang controller macam PlayStation Move / HTC

Penting juga untuk diperhatikan adalah perangkat ini sama sekali tak mengusung label “Vive”, dan ini berbeda dari standalone VR headset yang HTC tengah siapkan itu tadi – yang nantinya akan termasuk dalam lini Vive.

Sumber: UploadVR dan The Verge.