24 July 2017

by Glenn Kaonang

VRHero Adalah VR Headset dengan Display Beresolusi 5K

Dapat menyajikan konten secara sangat mendetail, tapi sayang dalam framerate yang rendah alias laggy

Virtual reality boleh dibilang masih memasuki tahap awal. Alasannya sederhana: masih banyak yang harus dibenahi dari VR headset yang ada di pasaran saat ini, salah satunya menyangkut resolusi display-nya. Yup, bahkan Oculus Rift maupun HTC Vive pun belum bisa dibilang beresolusi tinggi.

Dari situ sebuah startup asal Republik Ceko bernama VRgineers melihat adanya peluang. Mereka mengembangkan sebuah VR headset yang amat istimewa. Istimewa karena ia mengusung display beresolusi 5120 x 1440 pixel, atau kurang lebih dua kali lipat Rift dan Vive secara horizontal.

Headset bernama VRHero ini ditenagai oleh sepasang panel LCD, akan tetapi nantinya bakal diganti dengan panel OLED. Selain resolusi masif itu, display VRHero turut menawarkan refresh rate 60 - 90 Hz dan sudut pandang seluas 170 derajat. Namun headset ini bukanlah tanpa cacat, dimana framerate yang rendah adalah problem utamanya.

Laggy, demikian deskripsi sederhananya, terutama ketika dipakai untuk bermain game berdasarkan pengalaman hands-on UploadVR. Itulah mengapa VRgineers memilih kalangan enterprise sebagai target pasarnya ketimbang para gamer dan konsumen lainnya.

Di sisi lain, resolusi super-tajam ini memang menjanjikan banyak manfaat di bidang industri. Salah satu konten demonya menempatkan pengguna dalam skenario menginspeksi suatu mobil. Di situ hampir semua komponen mobil tampak begitu mendetail, dan kelebihan seperti inilah yang pada akhirnya mampu menggoda pabrikan macam Audi dan BMW untuk menjadi klien VRgineers.

VRHero bukan lagi sekadar prototipe. VRgineers sudah mulai memproduksinya dan bakal segera memasarkannya, tapi seperti yang saya bilang hanya untuk kalangan enterprise saja. Mungkin nanti ketika kartu grafis PC jadi lebih bertenaga lagi dari sekarang barulah VRHero bisa menyapa konsumen secara umum.

Sumber: UploadVR.