8 December 2017

by Glenn Kaonang

Tak Mau Kalah dari Instagram, VSCO Luncurkan Fitur Messaging di dalam Aplikasinya

Berbagi resep editing untuk menciptakan tone yang menawan kini jauh lebih mudah

Awalnya hanya menyediakan deretan filter bernuansa retro, VSCO perlahan telah berkembang menjadi komunitas kreator, hingga akhirnya mereka juga punya jejaring sosialnya sendiri. Skalanya memang tidak semasif Instagram, tapi paling tidak di sinilah para kreator bisa saling berbagi inspirasi.

Saat melihat foto-foto dari komunitas pengguna VSCO, terkadang saya penasaran dengan cara mereka mengedit untuk mendapatkan tone sebagus itu. Beruntung VSCO telah menyediakan caranya, yakni lewat fitur messaging yang diintegrasikan ke aplikasi Android dan iOS-nya.

VSCO Messages, demikian nama resminya, pada dasarnya tidak jauh berbeda dari Direct Message di Instagram. Di sini pengguna bisa saling bertukar pesan, berbagi formula editing rahasia masing-masing, berbagi foto, Journal maupun GIF yang dibuat menggunakan DSCO.

Anda juga bisa mengirimkan profil suatu pengguna ke lawan bicara Anda. Pokoknya selama pengguna saling mengikuti satu sama lain, mereka bisa langsung berkomunikasi lewat fitur Messages ini. Kalau ternyata Anda sempat dibuat tersinggung oleh seorang pengguna, tinggal laporkan atau blokir saja pesan darinya.

Saya yakin pihak VSCO tidak akan menyangkal kalau mereka mendapat inspirasi fitur Messages dari Instagram. Terlepas dari itu, kehadiran medium komunikasi yang terintegrasi di dalam VSCO adalah cara yang cukup ideal untuk mengakrabkan dan memperkuat komunitas penggunanya.

VSCO Messages bakal tersedia lebih dulu buat para pelanggan VSCO X. Sisanya baru akan kebagian jatah dalam beberapa minggu mendatang.

Sumber: SlashGear dan VSCO.