Anda suka foto bernuansa retro? Kemungkinan besar Anda mengenal nama VSCO. Aplikasi edit foto yang cukup populer tersebut baru saja kedapatan fitur yang menarik: koleksi filter retronya kini dapat ditambatkan ke video.

Videonya pun tidak harus berupa klip pendek. Anda bisa menyematkan filter yang diinginkan pada video berdurasi sepanjang apapun. Resolusi yang didukung juga bervariasi, mulai dari 4K 30 fps, 1080p 60 fps dan seterusnya berkat penerapan teknologi pengolahan gambar real-time yang juga menenagai dukungan atas foto berformat RAW.

Kendati demikian, kehadiran fitur ini masih belum bisa menjadikan VSCO sebagai satu-satunya aplikasi edit video yang Anda butuhkan. Pasalnya, selain menyematkan filter, Anda hanya bisa mengubah parameter macam kontras dan saturasi, tanpa ada opsi untuk memotong (trim) maupun menggabungkan beberapa klip menjadi satu – setidaknya untuk sekarang.

Lebih disayangkan lagi, tidak semua orang bakal bisa menikmati fitur filter video ini. Fitur ini cuma terbatas untuk mereka yang tergabung sebagai member VSCO X. VSCO X sendiri merupakan layanan berlangganan yang masih cukup gres, dimana konsumen bisa membayar $20 per tahun untuk mendapatkan akses ke sejumlah preset dan filter eksklusif.

Bagi yang sudah berlangganan VSCO X, Anda tinggal meng-update aplikasi VSCO Anda ke versi yang terbaru. Perlu dicatat, fitur filter video ini baru tersedia di versi iOS, sedangkan versi Android-nya akan menyusul dalam beberapa minggu ke depan.

Sumber: Engadget dan TechCrunch.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.