3 July 2019

by Glenn Kaonang

VW Type 20 Concept Adalah VW Kombi Lawas yang Sudah Dimodifikasi Menjadi Mobil Elektrik

Dibuat sebagai ajang demonstrasi inovasi-inovasi teknologi yang sedang dikerjakan oleh tim R&D VW

Lupakan sejenak VW I.D. Buzz, reinkarnasi modern VW Kombi yang dijadwalkan mengaspal di tahun 2022. VW punya bahan baru untuk dipamerkan, yakni VW Type 20 Concept, yang tidak lain merupakan VW Kombi lawas yang sudah dimodifikasi secara ekstrem hingga menjadi sebuah mobil elektrik.

Konsep ini dibuat dalam rangka merayakan pembukaan VW Innovation and Engineering Center California, sebuah fasilitas riset dan pengembangan terbesar VW di luar Jerman. Melalui konsep ini, VW sejatinya ingin publik bisa mengeksplorasi terobosan-terobosan teknologi apa saja yang sedang dikerjakan oleh tim di pusat R&D barunya.

Seperti yang saya bilang, Type 20 Concept murni mengandalkan energi listrik. Ini berarti mesin bensin aslinya sudah dicabut, digantikan sepenuhnya oleh sebuah motor elektrik dengan output daya setara 120 tenaga kuda dan torsi sebesar 235 Nm, dan yang menerima suplai energi dari baterai berkapasitas 10 kWh.

Dapur pacu yang diubah total juga diikuti oleh perombakan di bagian suspensi. Type 20 Concept mengandalkan suspensi pneumatik hasil kolaborasi VW bersama Porsche, sehingga tinggi kendaraan dapat diatur melalui software.

Juga menarik adalah penempatan kamera wide-angle pada Type 20 Concept, lengkap beserta teknologi pengenal wajah. Ini berarti Type 20 Concept dapat mengenali pengemudinya, lalu membukakan kunci pintunya saat sang pengemudi mendekati dirinya.

Di samping facial recognition, Type 20 Concept turut mengandalkan teknologi voice recognition melalui sejumlah mikrofon yang ditempatkan di tiga lokasi: di luar, di dekat pengemudi dan di kabin belakang. Dipadukan dengan AI assistant, sistem ini dapat mengenali sederet instruksi yang disampaikan menggunakan bahasa sehari-hari.

VW bilang bahwa kapabilitas natural language processing yang dimiliki Type 20 Concept lebih canggih ketimbang yang VW gunakan pada mobil-mobilnya sekarang. Sebagai contoh, sistem ini dapat merespon terhadap pertanyaan seperti "Are you ready to go?"

Daya tarik lain Type 20 Concept datang dari komponen-komponen dengan aksen warna oranye: velg, spion, lingkar kemudi, serta kaki jok belakangnya. Bentuknya yang mirip jaring laba-laba ini merupakan hasil eksperimen VW terhadap metode generative design, di mana VW hanya perlu menetapkan sejumlah paramater terkait wujud yang diinginkan, lalu membiarkan komputer mendesain sesuai dengan itu.

Hasil akhirnya memang kelihatan agak aneh, akan tetapi sesuai dengan tema modern yang diangkat. Elemen modern lain yang disematkan adalah display hologram di bagian panel instrumen yang dapat dilihat tanpa memerlukan kacamata khusus.

Tentu saja VW tidak akan memproduksi Type 20 Concept secara massal. Kendati demikian, ini bukan berarti mereka tak bisa mengaplikasikan sejumlah teknologi yang diusung Type 20 Concept pada mobil-mobil produksinya, dan beberapa memang semestinya sudah mulai diterapkan oleh VW.

Sumber: CNET.