Categories

Home Appliance

Wajan Pantelligent Pastikan Masakan Anda Tidak Gosong

Bantu pengguna memonitor suhu masakan secara presisi dari smartphone atau tablet

Glenn Kaonang - 30 December 2015

Pernah menonton acara TV MasterChef? Kalau pernah, Anda pasti tahu bahwa sebagian kontestan sempat kesulitan menghidangkan masakan yang matang dengan sempurna; kadang telur dadarnya terlalu matang, atau malah ikan salmonnya masih mentah di bagian tengahnya.

Untuk mencapai tingkat kematangan yang benar-benar pas, para koki profesional biasanya selalu sedia termometer. Suhu merupakan elemen penting dalam kegiatan memasak. Jadi dengan memperhatikan suhu, sebenarnya kita bisa menyajikan steak lulur dalam yang matangnya pas, terasa juicy dan tidak kering sama sekali.

Namun selain memanfaatkan termometer, ada alternatif lain yang terasa lebih hi-tech, yaitu dengan menggunakan wajan penggorengan pintar bernama Pantelligent. Wajan ini dibekali Bluetooth, memungkinkannya untuk mengirim berbagai informasi menuju smartphone.

Lewat aplikasi pendampingnya (Android dan iOS), pengguna bisa tahu seberapa panas wajan sekaligus bahan makanan yang sedang diolah. Saat sudah waktunya membalik ikan salmon, notifikasi akan muncul di smartphone – bisa juga dalam wujud instruksi suara dari asisten virtual macam Siri.

Pantelligent

Aplikasi Pantelligent tentunya juga menyediakan sejumlah resep, lengkap beserta panduan langkah demi langkah yang bisa diikuti. Premisnya adalah, selama Anda mengikuti panduannya dengan baik, masakan Anda dijamin matang dengan sempurna tanpa perlu mengandalkan termometer sekalipun.

Secara fisik Pantelligent tidak jauh berbeda daripada wajan penggorengan biasa, lengkap dengan permukaan anti-lengket. Semua komponen elektroniknya tertanam di ujung gagangnya. Ia ditenagai oleh sepasang baterai AAA yang hanya perlu diganti sekitar setahun sekali.

Pantelligent awalnya muncul melalui situs crowdfunding Kickstarter, tapi sekarang sudah dipasarkan secara luas seharga $199.

Sumber: Mashable.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id