1. Startup

Waktu yang Tepat Meluncurkan Aplikasi Mobile

Mencermati persiapan dan kriteria waktu yang ideal untuk meluncurkan aplikasi mobile startup

Aplikasi mobile merupakan salah satu produk utama yang penting dimiliki oleh startup berbasis teknologi, namun demikian tidak semua startup atau perusahaan teknologi kemudian memutuskan untuk meluncurkan sebuah aplikasi mobile, karena cukup puas dengan memiliki mobile site saja. Jika saat ini startup Anda memutuskan untuk meluncurkan sebuah aplikasi, cermati dengan baik waktu yang tepat untuk meluncurkan aplikasi tersebut. Good timing ternyata mempengaruhi kesuksesan dari aplikasi mendapatkan perhatian dari target pengguna. Artikel berikut ini akan membantu Anda mengatur waktu yang tepat saat yang ideal untuk meluncurkan aplikasi mobile.

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat aplikasi

Untuk membuat aplikasi yang berfungsi dengan baik dan diterima oleh target pengguna, Anda harus memiliki tim engineer kredibel, produk yang baik dan tentunya dana yang cukup untuk biaya pemasaran dan pengembangan yang dikeluarkan. Belum lagi proses persetujuan dari App Store atau Play Store yang biasanya memerlukan waktu yang cukup lama hingga akhirnya aplikasi yang dibuat bisa langsung di publikasikan di ‘toko’ tersebut.

Bulan dan hari yang tepat meluncurkan aplikasi

Setelah produk selesai dibuat, diuji coba dan bisa dipastikan berfungsi dengan baik, cari tahu terlebih dahulu waktu yang tepat untuk meluncurkan aplikasi Anda. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Fetch, sebuah aplikasi strategi mobile untuk agensi pemasaran disebutkan, ada beberapa waktu yang ideal untuk kemudian dicermati oleh startup ketika bersiap untuk meluncurkan startup. Dari data tersebut tercatat bulan Febuari dan Desember terbilang merupakan waktu yang cukup “mahal” untuk kemudian meluncurkan aplikasi startup, salah satu alasannya adalah ongkos dari biaya pemasaran yang cukup tinggi biayanya.

Waktu yang terbilang cukup ideal dan tidak memerlukan biaya yang cukup tinggi adalah pada bulan Juli, Agustus, September dan Oktober. Kemudian untuk pemilihan hari disarankan untuk meluncurkan aplikasi pada hari kerja, karena pada akhir pekan biasanya biaya pemasaran akan jauh lebih besar.

Kesimpulan yang kemudian bisa diambil dari data tersebut adalah bulan Febuari atau Desember memang terbilang cukup mahal biayanya untuk meluncurkan aplikasi mobile, namun dari survei yang dilakukan cukup efektif. Sementara bulan terburuk untuk meluncurkan aplikasi mobile adalah minggu terakhir bulan Agustus. Pada akhirnya keputusan untuk meluncurkan aplikasi mobile di Play Store dan App Store, harus dibarengi dengan kegiatan pemasaran digital, agar informasi bisa tersebar dengan merata kepada target pengguna.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again