1. Startup

Wawancara dengan Adstars tentang Pasar Iklan Digital di Indonesia Tahun 2012

Nama Adstars sebagai suatu ad network company mencuat setelah terpilih menjadi exclusive country reseller bagi UberSocial, sebuah aplikasi 3rd party Twitter yang sangat populer -- termasuk di Indonesia. UberSocial, yang dibuat oleh UberMedia, tersedia di tiga platform besar, BlackBerry, Android, dan iOS. Selain itu, ternyata Adstars juga telah ditunjuk sebagai exclusive country reseller untuk Multiply.

Kami berbincang dengan Chief Commercial Officer Adstars, Yazid Faizin, via email, tentang pasar iklan digital di Indonesia, prediksi di tahun 2012, kerjasamanya dengan UberMedia, dan mobile platform favorit yang akan menjadi next big thing.

T: Bisa dijelaskan tentang segmentasi bisnis Adstars dan klien apa saja yang pernah ditangani oleh Adstars?

J: Segmentasi dari bisnis kami adalah jaringan iklan premium atau biasa dikenal sebagai premium ad network. Kami bekerjasama dengan 500 local website dan mobile site di Indonesia dengan total inventory sebesar 1.3 Miliar impressions per bulan. Website dan mobile site yang tergabung dalam jaringan kami antara lain adalah Kompas.com, Vivanews.com, Kapanlagi.com, Multiply.com, Metrotvnews.com, dan termasuk juga beberapa blog.

Kami bekerja sama dengan multinational media agency dan local media agency, seperti GroupM, MPG, OMD, Starcom, Carat, Isobar, Optima Media, Fortune, DM Pratama, dan Dentsu.

Brand yang sudah melakukan campaign di jaringan kami antara lain adalah Telkomsel, Visa, AirAsia, Nokia, Blackberry, Standard Chartered, XL, Indosat, AXIS, ESIA, Samsung, AQUA, Mizone, Huawei, Rexona, HSBC, Nutrilon, Bebelac, dan Allianz.

Selain menjalankan bisnis ad network, Adstars juga telah ditunjuk oleh UberSocial (UberMedia) sebagai exclusive country reseller untuk Indonesia.

T: Menurut Adstars, bagaimana kondisi pasar iklan digital di Indonesia ini saat dan bagaimanakah prediksi Adstars tentang tren di tahun 2012?

J: Pasar iklan digital di Indonesia saat ini relatif belum besar dilihat dari sisi anggaran belanja iklan keseluruhan, namun memperlihatkan pertumbuhan yang sangat signifikan. Berdasarkan pekembangan di tahun 2011 dan beberapa referensi dari klien, kami memprediksikan pada tahun 2012 pertumbuhan pasar iklan dari sisi total belanja iklan akan naik sebesar 100%.

T: Apa keunikan pasar digital Indonesia ketimbang negara lain dan bagaimana brand dapat memanfaatkan atau mengkonversinya dalam rangkaian digital campaign?

J: Seperti yang kita tahu Indonesia memiliki jumlah penduduk sebesar 230 juta dengan pengakses Internet menurut beberapa sumber di perkirakan 11% (dari PC) dan jumlah pengguna mobile phone sebesar 90% dari total populasi. Diperoleh juga informasi bahwa jumlah pertumbuhan handset manufactures (lokal) di Indonesia saat ini didominasi oleh S Nexian, Blueberry, Tiphone dan yang lainnya. Semua handset tersebut di jual dengan harga yang murah dan sudah bisa digunakan untuk mengakses Internet.

Kita tahu bahwa pengguna Facebook di Indonesia adalah kedua terbesar setelah Amerika Serikat dan uniknya sebesar 70% pengguna Facebook mengakses melalui mobile internet. Ini artinya pasar di Indonesia sangatlah unik dengan penetrasi mobile internet yang sangat besar.

Fakta ini merupakan potensi bagi brands untuk bisa memanfaatkan media baru ini karena mobile memiliki beberapa keunggulan di bandingkan dengan media lain. Keunggulan tersebut seperti personal mass medium, always on dan selalu dibawa kemana pun. Bahkan dengan mobile phone kita bisa melakukan pembayaran.

T: Berkaitan dengan partnership dengan UberMedia, mobile merupakan media yang paling banyak digunakan di Indonesia untuk mengakses Internet. Apakah ada pendekatan yang berbeda untuk pasar mobile (ketimbang desktop) dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi efektivitas kampanye digital yang dilakukan oleh Adstars?

J: Tentu saja, karena dengan menggunakan medium mobile, campaign yang dilakukan oleh brand akan menjadi lebih efektif. Kemampuan targeting audience akan menjadi lebih spesifik, seperti target ke lokasi konsumer berada dan kemampuan konsumer untuk melakukan pembayaran dan pembelian.

T: Jika boleh memilih, di antara semua platform mobile yang ada, manakah yang menurut Adstars "paling menarik" dari perspektif iklan digital di Indonesia tahun 2012? Dan mengapa?

J:  Android. Seperti yang kita tahu bahwa hampir semua manufacture handset menawarkan jenis handset terbaru mereka dengan menggunakan OS android dengan harga yang terjangkau bahkan bisa di katakan murah dengan fitur smartphone di dalamnya. Oleh karena itu, ini merupakan potensi yang besar bagi brands untuk menjangkau audience yang besar dan spesifik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again