1. Startup

Wawancara dengan DapurMasak, Pemenang Sparxup 2012

DapurMasak adalah pemenang kompetisi startup Sparxup 2012 dan merupakan layanan jejaring sosial untuk pengguna yang suka mencoba dan bertukar resep masakan. Kami berkesempatan untuk berbincang via email dengan tim DapurMasak. DapurMasak saat ini digawangi oleh co-founder-nya, Soegianto dan Didik Wicaksono. Kami membahas tentang DapurMasak, Sparxup dan ekosistem startup di Indonesia. Tak lupa kami juga menanyakan tentang apa yang akan dilakukan oleh DapurMasak ke depannya, pasca kemenangannya ini. Berikut adalah wawancaranya:

Apa arti kemenangan DapurMasak dalam ajang Sparxup 2012?

Bagi DapurMasak, kemenangan dalam ajang Sparxup 2012 merupakan langkah awal yang penting bagi kami untuk mengembangkan DapurMasak ke arah yang lebih baik serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan startup di Indonesia. Secara khusus, DapurMasak ingin menarik sebanyak mungkin pengguna jejaring sosial yang ingin berbagi pengalaman memasak di atas sebuah platform jejaring sosial yang terbuka untuk siapa saja dan menyenangkan.

DapurMasak telah menarik perhatian juri dalam ajang INAICTA dan Sparxup, sekarang saatnya layanan ini menarik perhatian pengguna.

Bagaimana menurut tim DapurMasak soal ekosistem startup teknologi di Indonesia saat ini?

Ekosistem startup teknologi masih berkembang dan mencari bentuk yang sesuai dengan kondisi Indonesia. Konsep di Indonesia berbeda dengan beberapa negara yang sudah mengintegrasikan ekosistem teknologi (seperti Tech City di UK). Kami pernah dikirim ke Tech City UK untuk menghadiri Entrepreneur Festival yang disponsori oleh NOKIA setelah memenangkan NOKIA entrepreneur fellowship. Tech City merupakan lembaga bentukan pemerintahan untuk menjadikan London sebagai Silicon Valley versi Eropa dengan mengintegrasikan Incubator, VC, Tax Regulations, Coach bahkan sampai imigrasi (izin kerja) agar pelaku startup dapat dengan mudah membangun Startup di London

Meskipun demikian, kami sangat menghargai inisiatif yang dilakukan oleh Sparxup yang sudah bekerja sama dengan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif. Diharapkan pemerintah bisa terus menjadi fasilitator bagi perkembangan ekosistem yang sehat bagi pelaku startup.

Langkah ekspansi apa yang bakal dilakukan oleh DapurMasak, termasuk pemanfaatan hadiah Sparxup 2012?

Yang pertama adalah mempertajam bisnis model, mengembangkan komunitas yang bergabung dalam DapurMasak dan terakhir mengembangkan API untuk aplikasi Mobile. Kami masih dalam proses pengembangan dengan pengguna awal (Lean Startup).

Pasca kemenangan di SparxUp 2012 ini, kami mengalami peningkatan jumlah pendaftar dari 370 pengguna menjadi 7400 pengguna per 20 Oktober 2012 dengan jumlah 520 recipes, 230  resep yang dimasak kembali (cook-it), >2100 resep yang dicetak dan 3100 komentar. Kami memiliki target untuk menjangkau 30.000 pengguna, 2000 resep yang dibagikan, dan 1000 cook-it sampai akhir tahun 2012.

Di akhir tahun 2013 diharapkan pengguna DapurMasak mampu menyentuh milestone 200.000 pengguna dan lebih dari 20.000 resep yang dibagikan. Ini berarti kami harus mulai memperhatikan scalability dari server dan faktor teknis lainnya.

Dalam waktu dekat kami akan berusaha merekrut beberapa talenta, baik dari sisi teknis maupun pemasaran, untuk mengembangkan DapurMasak agar lebih menarik dan menantang dengan tetap mempertahankan kemudahan bagi pengguna-nya untuk berbagi pengalaman memasak

Apakah pengaksesan mobile (termasuk dalam bentuk aplikasi) ada dalam roadmap DapurMasak dalam waktu dekat?

Ya, akses mobile dalam bentuk aplikasi masuk dalam roadmap kami. Berdasarkan masukan dari para juri yang terhormat dari dua kompetisi yang kami ikuti, akses mobile mememang peranan sangat penting bagi pengembangan pengguna. Selain itu, berdasarkan masukan dari pengguna awal, mereka sangat menantikan pengembangan akses mobile. Kami mulai membangun API dan membaginya dalam beberapa fase. Nantinya akan dibangun native apps untuk Android, iOS, dan Windows Phone.

Pesan apa yang ingin disampaikan oleh tim DapurMasak untuk pegiat startup teknologi di Indonesia?

Perkembangan dunia penggiat startup teknologi akan semakin baik yang semakin kelihatan dengan terbangunnya ekosistem digital yang sehat bagi lahirnya Startup Teknologi yang memiliki kualitas dan kontinuitas yang kuat. Mari bersama terlibat aktif dalam ekosistem yang dibangun melalui pengembangan ide-ide kreatif yang memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini.

-- Catatan: transkip wawancara telah melalui proses penyuntingan tanpa mengurangi maksud yang disampaikan

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again