Hampir dua tahun silam, sebuah startup bernama Waylens memperkenalkan sebuah dash cam unik yang tugasnya tidak hanya mengabadikan perjalanan, tapi juga menyoroti momen-momen penting yang terjadi selama perjalanan. Kini, Waylens sudah siap dengan produk keduanya yang tak kalah menarik.

Dijuluki Waylens Secure360, ia pada dasarnya merupakan dash cam yang mampu mengambil gambar 360 derajat. Dibandingkan dash cam tradisional yang hanya mengabadikan bagian depan mobil saja, Secure360 jelas akan memberikan coverage yang lebih luas, termasuk memergoki sopir iseng yang menyundul Anda dari belakang.

Akan tetapi yang lebih menarik adalah bagaimana ia juga berperan sebagai kamera pengawas untuk mobil Anda. Bahkan di saat Anda sudah meninggalkan mobil, ia masih tetap akan bekerja dan merekam apapun yang terjadi di sekitar mobil Anda, yang kemudian bisa Anda live stream dari ponsel Anda.

Andai Anda seseorang yang mencoba mencuri mobil Anda ataupun kejadian lainnya, Secure360 bakal mendeteksinya dan mengirimkan notifikasi kepada Anda, sekaligus menyimpan backup-nya di cloud. Sekali lagi, kamera pengawas, tapi untuk mobil Anda.

Untuk bisa melakukan itu semua, Secure360 harus dibekali dengan konektivitas 4G, akan tetapi Anda juga bisa mendapatkan varian Wi-Fi only yang hanya akan beroperasi ketika Anda sedang di dalam mobil. Varian Wi-Fi ini akan tersedia di pasaran lebih dulu mulai November mendatang dengan banderol $249, sedangkan varian 4G-nya menyusul di kuartal pertama 2018 dengan harga $349.

Sumber: The Verge.