Belum lama ini, tim Google Self-Driving Car Project secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah berdiri sebagai perusahaan mandiri di bawah naungan Alphabet Inc. Kini bernama Waymo, misi mereka adalah bekerja sama dengan pabrikan otomotif dan mengintegrasikan teknologi kemudi otomatisnya, bukan lagi memproduksi mobil tanpa sopir sendiri.

Kini buah kolaborasi perdana mereka sudah bisa dilihat oleh publik. Yang Anda lihat pada foto di atas adalah minivan Chrysler Pacifica Hybrid yang telah dimodifikasi dan dilengkapi dengan teknologi kemudi otomatis garapan Waymo, meliputi sederet sensor, komputer, sistem telematika dan yang lainnya.

Menariknya, Waymo tidak sekadar membeli sejumlah unit minivan ini lalu memodifikasinya. Mereka bekerja sama langsung dengan tim Fiat Chrysler dari nol, sehingga modifikasi bisa mencakup elemen-elemen mobil secara menyeluruh, mulai dari sasis sampai motor elektriknya. Tujuannya tidak lain dari mengoptimalkan teknologi kemudi otomatis bikinan Waymo.

Modifikasi meliputi hampir semua bagian mobil, mulai dari sasis sampai motor elektriknya / Waymo
Modifikasi meliputi hampir semua bagian mobil, mulai dari sasis sampai motor elektriknya / Waymo

Semua ini dikerjakan hanya dalam kurun waktu enam bulan. Kedua pihak telah melakukan sederet pengujian, termasuk pengujian di kondisi cuaca yang ekstrem selama 200 jam. Terkait pemilihan mobilnya, Waymo menjelaskan bahwa mereka butuh lebih banyak jenis mobil guna menyempurnakan sistem rancangannya.

Sekarang, mereka sudah punya 100 prototipe yang siap diuji di jalanan publik mulai awal tahun depan. Harapannya, mereka bisa mempelajari bagaimana konsumen dari berbagai kalangan dapat merasakan teknologi kemudi otomatis Waymo.

Sumber: Waymo dan PR Newswire.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.