Categories

Mobile

Waze Beta Punya Fitur yang Cegah Orang Tua Meninggalkan Anak di Mobil

Fitur pengingat ini bertujuan mencegah insiden meninggalnya anak karena ditinggal di dalam mobil saat kondisi terik

Bambang Winarso - 1 August 2016

Waze tampaknya memberi perhatian cukup serius terhadap fenomena gelombang panas yang menyerang sejumlah negara. Fenomena ini tak hanya memakan korban orang dewasa, tapi juga anak-anak. Ironisnya, beberapa insiden dipicu kelalaian orang tua yang meninggalkan anaknya di dalam mobil hingga meninggal dunia. Tak ingin kejadian serupa terulang kembali, Waze menguji fitur pengingat anak (child reminder) yang bertujuan mengingatkan para orang tua agar tidak meninggalkan anaknya di dalam mobil.

Fitur baru Waze ini menyuguhkan penyesuaian notifikasi ketika pengguna tiba di tempat tujuan. Dalam penggunannya, para orang tua dapat menemukannya di panel setting, tepatnya di bawah fitur prevent auto-lock dan Keep Waze on top. Dari sana mereka dapat memilih untuk mengaktifkan peringatan atau mematikannya jika dirasa tidak perlu. Pengguna juga dapat mengubah pesan pengingat sesuai keinginan.

Jika diaktifkan, sebuah jendela popup akan muncul ketika kendaraan tiba di tujuan. Popup berisikan pesan peringatan yang sudah diatur sebelumnya. Popup juga berisikan tombol pengaturan dan konfirmasi yang bila diklik satu akan menuju ke panel pengaturan, dan satunya lagi akan menutup popup pertanda peringatan telah dipahami. Secara teknis, fitur ini tidak hanya dapat digunakan untuk para orang tua. Para pemilik hewan peliharaan pun dapat memperoleh manfaat yang sama.

Fitur ini masih dalam fase beta, barangkali Waze ingin melihat bagaimana kinerjanya terlebih dahulu, bug dan mungkin juga memantau respon pengguna. Jika dirasa baik, sangat mungkin versi final yang lebih matang bakal segera dihadirkan.

Sumber berita Theverge dan AndroidPolice.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter