Categories

Gadget

Wear OS 3, Hasil Peleburan Wear OS dan Tizen, Bakal Tersedia di Segelintir Smartwatch Lama

Persisnya di tiga smartwatch besutan Mobvoi, yakni TicWatch Pro 3 GPS, TicWatch Pro 3 LTE, dan TicWatch E3, yang semuanya sama-sama ditenagai chipset Snapdragon Wear 4100

Glenn Kaonang - 23 July 2021

Bulan Mei lalu, Google mengumumkan rencananya untuk melebur Wear OS dan Tizen menjadi satu. Google berniat menyebut hasil penggabungan dua sistem operasi itu dengan nama "Wear" saja tanpa embel-embel apa-apa, dan ini tentu terkesan agak membingungkan buat sebagian orang.

Beruntung Google sadar di mana salahnya, dan mereka tidak keberatan merevisinya. Mulai sekarang, kita bisa menyebut sistem operasi versi baru itu dengan nama Wear OS 3. Google juga mengklarifikasi beberapa hal lain yang sebelumnya tidak sempat dirincikan. Yang paling utama, Google ingin menjawab pertanyaan "Apakah smartwatch lama kita bakal menerima update Wear OS 3 ke depannya?"

Jawabannya adalah ya, dengan catatan smartwatch Anda adalah Mobvoi TicWatch Pro 3 GPS, TicWatch Pro 3 LTE, atau TicWatch E3. Selebihnya tidak ada lagi, dan ini jelas terdengar cukup mengesalkan. Alasannya memang tidak dijelaskan oleh Google, tapi saya menduga ada kaitannya dengan spesifikasi masing-masing perangkat.

Kalau kita amati, trio smartwatch besutan Mobvoi di atas sama-sama dibekali chipset Snapdragon Wear 4100, sedangkan smartwatch Wear OS lain yang lebih tua kebanyakan masih ditenagai Snapdragon Wear 3100 atau 2100. Kesimpulan pribadi saya, chipset Snapdragon Wear 4100 merupakan salah satu syarat agar perangkat bisa menerima update Wear OS 3.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, update Wear OS 3 ini bakal mengembalikan perangkat ke factory settings. Jadi kalau ogah utak-atik ulang, sebaiknya Anda abaikan saja opsi update ke sistem operasi versi terbaru ini. Itulah mengapa Google juga bakal menawarkan update ini secara opsional kepada para pengguna perangkat yang kompatibel.

Rencananya, update Wear OS 3 ini akan tersedia paling cepat pada pertengahan 2022. Dalam waktu dekat, Samsung akan menyingkap smartwatch baru pada tanggal 11 Agustus 2021, dan perangkat itu dipastikan bakal menjadi yang pertama mengusung Wear OS 3. Fossil belum lama ini juga mengonfirmasi bahwa mereka tengah menyiapkan smartwatch generasi baru, dan perangkat itu pun juga dijamin kompatibel dengan Wear OS 3.

Sumber: GSM Arena dan Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter