Categories

Gadget

Perangkat Wearable Kecil Ini Bermisi Selamatkan Jutaan Nyawa

Glenn Kaonang - 28 July 2015

Sebagai suatu alat komunikasi, smartphone tentu sangat berguna ketika kita sedang berada di situasi gawat darurat. Kendati demikian, ada kalanya dimana situasinya benar-benar tidak memungkinkan bagi kita untuk menggunakan smartphone saat sedang dalam bahaya.

Sebuah startup bernama Wearsafe ingin menawarkan solusi atas problem semacam itu. Lewat kampanye Kickstarter, mereka memperkenalkan sebuah wearable tag dengan misi yang cukup ambisius, yakni menyelamatkan jutaan nyawa di seantero jagat.

Wearsafe Tag merupakan sebuah perangkat Bluetooth kecil yang bisa disambungkan ke smartphone guna memberikan peringatan kepada kerabat maupun rekan-rekan Anda di saat-saat darurat, dengan jangkauan sekitar 60 meter. Berkat dimensinya yang kecil, ia bisa dikenakan sebagai kalung maupun dijepitkan ke baju, celana atau tas ransel. Konektivitas Bluetooth LE memungkinkan baterai koinnya untuk bertahan hingga enam bulan lamanya.

Info menarik: Moov Now, Perangkat Wearable yang Benar-Benar Pintar

Cara kerjanya sederhana: saat Anda berada dalam bahaya misalnya, Anda hanya perlu menekan tombol milik Wearsafe Tag. Selanjutnya, ia akan menyambung ke aplikasi Wearsafe di smartphone untuk membagikan berbagai informasi secara real-time ke kerabat maupun rekan-rekan Anda – smartphone Anda akan bergetar untuk mengindikasikan bahwa peringatan sudah dikirim ke orang-orang yang paling Anda percaya tersebut.

Informasi-informasi yang dimaksud mencakup posisi Anda saat itu, kecepatan Anda bergerak, sekaligus suara sekitar yang ditangkap oleh mikrofon milik smartphone Anda. Lebih lanjut, Wearsafe juga akan membuat group chat secara otomatis sehingga kerabat dan rekan-rekan Anda bisa berkomunikasi dengan mudah guna menolong Anda sesegera mungkin.

Tim pengembang Wearsafe rupanya juga menghadirkan integrasi dengan perangkat wearable lain seperti smartwatch, salah satunya adalah Pebble Time. Dengan demikian, pengguna juga bisa memberikan peringatan sekaligus mengirim informasi seperti di atas kepada kerabat dan rekan-rekannya menggunakan Pebble Time.

Info menarik: Thync Adalah Wearable Device Pengganti Minuman Berenergi

Layanan yang ditawarkan Wearsafe sendiri mengadopsi sistem berlangganan. Untuk bisa memanfaatkan fitur berbagi informasi secara real-time tadi, pengguna akan ditarik biaya $5 setiap bulannya. Sejauh ini Wearsafe baru kompatibel dengan iPhone saja, namun versi Android-nya dijanjikan akan segera menyusul.

Buat yang tertarik, Wearsafe Tag sudah bisa dipesan melalui Kickstarter seharga $40. Bonus untuk yang memesan di masa kampanye ini: Anda akan dibebaskan dari biaya berlangganan sampai seterusnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter