Categories

Berita

Selamat Datang: Weave 1.0 Dari Mozilla

Wiku Baskoro - 2 February 2010

Setelah peluncuran Firefox mobile, kini user akan diberi pilihan untuk menggunakan mobile browser atau dekstop browser, dan bagi anda yang tidak bisa meninggalkan Firefox kemana pun anda online, maka aplikasi berikut pasti akan cocok untuk anda, Weave 1.0 dari Mozilla Labs.

Weave adalah sebuah aplikasi add-ons untuk Firefox yang memberikan kemudahan bagi mereka para user Firefox yang sering berpindah dari versi mobile ke versi desktop dan atau bekerja di dua desktop berbeda, misalnya laptop dan PC tapi masih ingin saling terhubung dengan data browser antara satu komputer dan yang lainnya.

Weave akan mengsinkronisasikan data di browser Firefox anda termasuk bookmarks, saved password, browsing history, dan open browser tabs. Kini anda tidak perlu lagi menyusun bookmark disatu komputer untuk menyusun kembali di komputer lain, begitu pun ketika anda diharuskan untuk mobile, semuanya bisa tersinkronasi.

Anda bisa mendowload add-onsnya dan mencobanya dari link ini. Setelah menambahkan add-ons ini ke Firefox, maka fungsi Weave bisa anda temukan di tab tools pada browser anda. Jika anda baru pertama kali menggunakan Weave, ketika anda memilih Weave, anda akan dipandu untuk registrasi, dan diharuskan mengisi beberapa kelengkapan termasuk user name, password dan lain-lain. Juga pilihan bagian apa saja dari browser anda yang ingin di sync, apakah semuanya atau bagian tertentu, misalnya anda hanya ingin mengsinkronasikan browse history saja tapi tidak yang lain.

Setelah Weave diaktifkan, maka browser anda sudah tersinkronasi. Saat ini fitur yang bisa tersinkronasi masih terbatas, tapi Mozilla Labs menjelaskan lewat blognya akan menambah fitur tambahan yang bisa tersinkronasi seperti browser add-ons, search plugins and fitur lain yang terkostumisasi dan personalisasi.

Anda bisa melihat sinkronisasi browser anda, pada tabs history seperti contoh screenshot berikut:

Menurut Cnet, aplikasi ini masih belum sempurna dan belum berjalan teramat mulus, dan tab aktif yang bisa di sync maksimal 25 aktif tab. Saya sendiri telah mengaktifkannya dan akan mencoba beberapa hari untuk melihat hasil sync ini.

Bagaimana dengan anda, jika anda sudah mencoba aplikasi ini, anda tentu bisa membagi pengalaman anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter