20 July 2013

by DailySocial

WeChat Hadir untuk BlackBerry 10, Sediakan Versi Bahasa Indonesia

Layanan messaging WeChat akhirnya memberikan dukungan untuk platform BlackBerry 10 dengan ketersediaannya mulai hari ini di BlackBerry World. Sejak awal, potensi konsumen Indonesia di platform ini sangat besar, oleh karena itu secara pre-loaded WeChat menyertakan versi Bahasa Indonesia untuk aplikasi ini, di luar Bahasa Inggris dan Mandarin (Simplified dan Traditional).

Untuk menjalankannya, dibutuhkan perangkat BlackBerry 10 dengan versi 10.1 ke atas. Artikel di blog WeChat menyebutkan hanya versi layar sentuh Z10 yang saat ini didukung. Khusus untuk platform BlackBerry 10, WeChat menawarkan integrasi dengan BlackBerry Hub.

Aplikasi buatan Tencent Cina ini memang sedang agresif melakukan akuisisi konsumen di Indonesia, di mana genre aplikasi ini selalu populer dan menempati posisi 10 besar untuk setiap platform smartphone. Tidak disebutkan berapa jumlah pengguna (aktif) WeChat di Indonesia, tetapi informasi terakhir yang kami kutip dari Tech In Asia menyebutkan ada lebih dari 50 juta pengguna WeChat di luar Cina, di mana total penggunanya mencapai hampir 400 juta konsumen. WeChat baru saja mengangkat pemain sepakbola Lionel Messi sebagai duta kampanye globalnya.

Setelah bekerja sama dengan MNC Group selaku mitra lokal, WeChat terus berusaha menggelar berbagai macam promosi lokal untuk bersaing dengan kompetitor macam LINE atau KakaoTalk. Baru-baru ini WeChat juga bekerja sama dengan XL Axiata (XL) untuk memberikan akses gratis kepada konsumen XL yang menggunakan layanan ini untuk bertukar pesan sepanjang bulan puasa.

Penjualan BlackBerry 10 di Indonesia sejauh ini belum sebaik seri-seri sebelumnya. Data pre-order Telkomsel selaku operator dengan jumlah pelanggan terbesar, seperti dikutip dari Liputan 6, menyebutkan bahwa ada 4000 unit smartphone yang dibeli saat penjualan BlackBerry Z10 dan hanya 1500 unit yang terjual untuk Q10. Meskipun demikian, platform ini tetap memberikan basis konsumen yang potensial (termasuk di Indonesia) untuk peningkatan jumlah pelanggan suatu layanan messaging yang bersifat sosial.


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial ditulis oleh Amir Karimuddin. 

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc.