Categories

Berita

WeChat Raih Peringkat Teratas Jumlah Unduhan Aplikasi Jejaring Sosial di iOS

Avi Tejo Bhaskoro - 17 September 2013

Aplikasi layanan mobile messaging besutan Tencent, WeChat, belum lama ini baru saja umumkan laporan peringkat aplikasi pesan instan dengan perolehan jumlah unduhan terbanyak untuk platform iOS. Laporan terbaru ini berdasarkan hasil monitoring app market yang dilakukan oleh App Annie – sebuah perusahaan global yang memonitoring pergerakan aplikasi di seluruh dunia –  pada bulan Juli 2013 kemarin.

Sesuai dengan rilis pers yang kami peroleh, aplikasi pesan instan yang sedang naik daun ini dilaporkan telah mendominasi jumlah unduhan dari aplikasi chatting pada platform iOS App Store per Juli 2013 kemarin. Dilaporkan oleh App Annie, WeChat berhasil masuk ke dalam daftar 10 aplikasi teratas untuk pertama kalinya dan berhasil meraih peringkat keempat untuk aplikasi yang paling banyak diunduh secara global. Hal ini tentu dapat dibilang memantapkan posisi WeChat dalam persaingan yang ketat antara penyedia layanan mobile messaging lainnya yang serupa seperti LINE, KakaoTalk, WhatsApp, dan lain sebagainya.

Berdasarkan keterangan tertulis, WeChat saat ini mengklaim telah memiliki jumlah pengguna hingga mencapai 100 juta yang tersebar di seluruh dunia. Tentu tak heran jika WeChat mampu mendominasi perolehan unduhan tersebut, pasalnya dengan jumlah pengguna yang sekian banyak, WeChat mampu dengan mudah meraih pencapaian untuk pertama kalinya tersebut.

Selain faktor dari jumlah pengguna yang menanjak pesat, WeChat juga dinilai kerap melakukan berbagai pengembangan yang cukup signifikan dalam perkembangannya selama ini. Hal ini tentu dapat dilihat dengan berbagai pengembangan terbarunya seperti yang baru-baru ini diberitakan WeChat tengah siapkan platform mobile game, dalam rilisan resminya yang dikirimkan ke redaksi kami WeChat juga secara resmi memperkenalkan update versi WeChat 5.0 yang mengalami sejumlah pembaruan dan fitur baru yang tentu mampu menarik minat lebih jauh lagi dari seluruh pengguna.

Disiapkan untuk memfasilitasi interaksi sosial antar sesama penggunanya  dengan fasilitas pesan singkat, kirim suara, video, dan lain sebagainya, melalui update terbaru versi 5.0 WeChat menghadirkan fitur-fitur terbaru seperti “Toko Stiker” yang terintegrasi langsung dengan layanan online payment, fitur “Hold Together” yang memungkinkan pengguna untuk menemukan teman-teman terdekat, dan terakhir fitur “Save Messages” untuk menyimpan seluruh data percakapan teks, foto, hingga suara.

Melalui sejumlah pengembangan itu, tentu bukan hal yang mustahil jika WeChat mampu menjadi favorit alternatif bagi sejumlah pengguna perangkat smartphone yang “haus” akan fitur lengkap yang disediakan oleh platform mobile messaging. Bagi pasar Indonesia sendiri, WeChat juga dinilai kerap melakukan sejumlah langkah yang cukup konsisten serta agresif dalam persaingannya di pasar Indonesia beserta dengan pesaing berat lainnya yang juga populer di masyarakat Indonesia.

Dengan menjalin kemitraan bersama MNC Group yang merupakan salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia, WeChat terlihat aktif melakukan berbagai macam promosi serta campaign demi persaingannya dengan kompetitor lainnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter