Categories

Internet

Weebly Tunjukkan Perkembangan Web Design Selama 10 Tahun Terakhir

Banyak dipengaruhi kemajuan teknologi, seperti munculnya smartphone, Google Maps maupun jaringan LTE

Glenn Kaonang - 26 July 2016

Sepuluh tahun yang lalu, tampilan situs-situs di internet pastinya tidak semenarik sekarang. Pada kenyataannya, perkembangannya dari tahun ke tahun cukup drastis, dan ini banyak dipengaruhi oleh perkembangan industri teknologi itu sendiri.

Weebly, blogging platform sekaligus website builder ternama, ingin memberikan gambaran mengenai perubahan filosofi web design dari tahun ke tahun selama sepuluh tahun terakhir, mulai dari awal perusahaan berdiri sampai sekarang dimana penggunanya sudah mencapai angka puluhan juta.

Tampilan situs di tahun 2006 tentunya sangatlah berbeda dibanding sekarang. Situs Weebly sendiri terkesan terlalu penuh dengan tulisan dan tidak ada gambar yang bisa menarik perhatian. Namun dalam kurun waktu dua tahun saja, pola pikir web designer di seluruh dunia perlahan mulai berubah dengan lahirnya iPhone dan smartphone Android.

Menurut Weebly, kehadiran iPhone dan Android adalah salah satu alasan utama mengapa mayoritas situs sekarang kelihatan begitu simpel. Ukuran layar yang kecil dan terbatas membuat para web designer harus memutar otak guna membuat formulasi layout situs yang bisa terlihat rapi sekaligus menarik.

Inovasi di bidang hardware bukan satu-satunya faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan desain situs. Di tahun 2009, Weebly melakukan perombakan desain dengan dasar inspirasi Google Maps. Filosofinya pada saat itu adalah mengandalkan aspek visual untuk memandu pengguna dalam bernavigasi.

Perubahan desain yang paling drastis dimulai di tahun 2013, dimana tampilan Weebly langsung tampak jauh lebih modern. Di saat yang sama, gaya desainnya juga lebih simpel dan lebih banyak mengandalkan gambar atau video. Hal ini juga dipengaruhi dengan semakin menyebarnya jaringan LTE dan akses internet yang makin cepat, tidak ketinggalan juga dampak tren aplikasi mobile.

Weebly memang baru satu contoh dan tidak bisa mewakili situs-situs lainnya. Namun perkembangan teknologi yang begitu cepat terbukti bisa mempengaruhi perkembangan filosofi web design secara drastis. Semisal Anda masih penasaran seperti apa tampilan situs dari 20 tahun yang lalu, silakan lihat sendiri di situs Space Jam.

Sumber: TheNextWeb.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter