1 August 2013

by Yoga Wisesa

Wego: Pencarian Terkait Lebaran 2013 Capai Rekor Baru

Di Indonesia, Idul Fitri adalah salah satu hari raya keagamaan paling unik di dunia. Mudik, begitulah istilah yang biasa kita kenal, pada dasarnya merupakan tradisi yang hanya ada di Indonesia.

Rekan saya berpendapat bahwa kemungkinan besar tradisi ini datang dari salah satu kewajiban Islam untuk bersilaturahim, akhirnya dari ‘kepulangan’ para perantau yang berjumlah sangat banyak ke kampung halaman mereka, terciptalah sebuah fenomena nasional.

Perkembangan ranah travel juga sangat pesat, kini bermunculan jasa-jasa travel, pemesanan tiket (baik darat, laut dan udara) hingga layanan reservation online. Nah bagaimana perilaku pencarian destinasi traveling Lebaran bagi konsumen di Indonesia?

Baru-baru ini Wego merilis infografik data liburan yang cukup mengagumkan. Dalam proses pencarian untuk destinasi liburan Idul Fitri, Bali dan Singapura terbukti masih menjadi destinasi liburan paling favorit. Terhitung terdapat kenaikan dalam pencarian di situs Wego dibanding tahun lalu sebesar 73% untuk tujuan Bali dan 76% untuk tujuan Singapura.

Tingkat kepopuleran kota Daerah Istimewa Jogjakarta kian naik, kini ia berada di peringkat ke tiga tujuan wisata favorit. Itu artinya Yogya mengalami peningkatan sebagai tujuan travel sebesar 251% dibandingkan dari angka tahun lalu. Sedangkan Jakarta mengalami tingkat kenaikan hingga 171% sebagai pilihan untuk traveling.

Di liburan Idul Fitri tahun 2013 ini, jumlah pencarian hotel online melonjak hingga 231% dibanding sebelumnya, dan pencarian tiket pesawat online naik hingga 101%. Dan sehubungan dengan itu, Garuda terbukti menjadi maskapai penerbangan paling populer dilayanan Wego, naik sebesar 256%.

“Perkembangan ini merefleksikan pertumbuhan tren masyarakat Indonesia dalam merencanakan perjalanan secara online, dan juga penggunaan layanan Wego oleh konsumen Indonesia,” jelas Graham Hills, GM Wego untuk Indonesia.

Sebagai sebuah gambaran perubahan ini, tahun lalu AirAsia berada di urutan pertama maskapai terpopuler di tanah air. Namun di 2013 ia tergeser oleh Garuda Indonesia yang kini menempati posisi puncak. Dari mempelajari data ini, belum ada yang bisa memprediksi arah pergerakan turisme di masa Lebaran tahun depan. Akankah Bangka Belitung menjadi destinasi favorit selanjutnya?

Untuk infografik lengkapnya, bisa Anda simak di bawah (klik untuk memperbesar).