3 April 2017

by Yoga Wisesa

Welle Dapat Mengubah Permukaan Benda Apapun Jadi Input Kendali Pintar

Perangkat ini membaca gerakan tangan Anda dengan menggunakan teknologi sonar.

Teknologi memungkinkan satu perangkat kecil mengerjakan banyak hal, namun sejauh ini, cara manusia berinteraksi dengannya tak banyak berubah. Layar sentuh merupakan sebuah standar device mobile modern, lalu keyboard dan mouse biasa digunakan buat bekerja. Teknik motion tracking sudah lama ada, tapi fungsinya belum diterapkan secara umum.

Bermaksud untuk menyajikan interaksi yang lebih natural antara user dan hardware, tim developer Maxus Tech dari Hong Kong memperkenalkan Welle. Perangkat kecil ini mempunyai kemampuan yang mengagumkan: mengubah permukaan benda apapun menjadi input kendali pintar, memungkinkan kita mengontrol device ataupun aplikasi favorit baik di Android ataupun iOS dengan gesture.

Welle memiliki wujud bak kotak kecil berukuran 75,4x35x16,2-milimeter. Di permukaan tubuhnya, tim desainer memilih kombinasi warna kuning di depan dan hitam di belakang. Device tersambung ke perangkat melalui Bluetooth, selanjutnya ia dapat digunakan untuk mengakses fungsi dari speaker, thermostat, TV, lampu, serta device-device IoT lain. Welle kompatibel dengan Belkin Wemo, LIFX, IFTTT, Honeywell, Philips Hue, Sonos Wireless Speaker, Logitech, SwitchBot, SmartThings dan Nest Thermostat.

Perangkat ini membaca gerakan tangan Anda dengan menggunakan sonar. Saat diaktifkan, Welle memancarkan gelombang dan akan membaca pantulan dari objek di depannya. Gema tersebut selanjutnya ditangkap, diurai dan diolah menjadi instruksi berbeda memanfaatkan algoritma canggih. Welle bisa mengenal tulisan tangan serta selusin gerakan jari (memutar, scroll, U dan lain-lain).

Unik lagi, pengguna dipersilakan menentukan huruf atau angka apapun untuk mengaktifkan/mengontrol fungsi perangkat. Teknologi ultrasound dipilih Maxus Tech karena jarak deteksinya lebih jauh dan akurat (dibanding RF), tidak membutuhkan kondisi cahaya tertentu (inilah kelemahan sensor optik), dan hemat listrik (baterainya bisa bertahan sampai sebulan). Teknologi ini kabarnya diadopsi dari ranah militer.

Buat menggunakannya, Anda hanya perlu menyalakan Welle dan menginstal app companion-nya di perangkat bergerak, kemudian tinggal konfigurasi gesture favorit atau memilih yang telah Maxus Tech sediakan. Selanjutnya, posisikan device pada sebuah permukaan rata, dan Welle siap digunakan. Ia bisa membaca jarak minimal 10-sentimeter di depannya dengan luas kertas A4, diotaki chip ARM Cortex M4 single-core 168MHz dengan RAM 182Kb.

Welle bisa Anda pesan sekarang di situs crowdfunding  Kickstarter, dijajakan seharga mulai dari US$ 70. Target strech-nya sudah terpenuhi, dan rencana produk akan mulai didistribusikan ke backer pada bulan Oktober.