20 March 2013

by wiku

WhatsApp Akan Terapkan Sistem Berlangganan Untuk Aplikasi Versi iOS

Aplikasi WhatsApp akan mengubah cara mereka menyediakan aplikasi ini untuk platform iOS. Sebelumnya mereka menerapkan biaya unduhan satu kali untuk selamanya, nah mulai tahun ini aplikasi ini akan mengubah cara penyediaan aplikasi dengan sistem berlangganan.

Sistem berlangganan ini telah diterapkan di platform selain iOS, seperti Android, Nokia. BlackBerry dan Windows Phone. Dengan sistem ini pengguna akan dikenakan biaya langganan agar bisa menggunakan terus aplikasi. Pengguna akan bisa memakai aplikasi WhatsApp secara gratis selama satu tahun dan selanjutnya akan dikenakan biaya $1 pertahun. Jadi pengguna harus memperpanjang dan melakukan pembayaran lagi untuk tahun kedua dan seterusnya jika masih ingin menggunakan aplikasi.

Informasi perubahan ini dituliskan pertama kali dalam sebuah komentar CEO WhatsApp pada jurnalis Belanda Alexander Klopping. Namun demikian, biaya langganan ini hanya akan berlaku bagi pengguna baru, mereka yang telah membeli dengan sistem unduhan satu kali tidak akan terkena sistem baru ini.

Untuk waktu kapan penerapan ini dilakukan juga tidak ada detailnya tetapi dipastikan akan dijalankan tahun 2013. Tidak ada alasan detail pula yang diungkapkan atas perubahan sistem ini hanya ungkapan untuk menyediakan kemudahan atas layanannya. Bisa jadi WhatsApp ingin menyamakan sistem pembelian aplikasi mereka di semua platform.

Informasi lain yang diungkapkan antara lain bahwa WhatsApp versi desktop tidak ada dalam rencana pengembangan WhatsApp, demikian juga untuk fasilitas live streaming video, tidak akan hadir tahun ini.

Biaya langganan satu tahun sebesar $1 tidak besar tetapi jika melihat sistem sebelumnya yang dijual seharga $0.99 untuk selamanya atau sekali bayar memang cukup berubah. Bagaimana pendapat Anda, apakah setuju dengan perubahan ini? Tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar.

Sumber: TechCrunch.