24 January 2020

by Dimas Galih W.

Whatsapp Android Akhirnya Punya Dark Mode, Begini Cara Mengaktifkannya

Mata menjadi lebih nyaman pada saat tema gelap diaktifkan

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini tema gelap menjadi primadona pada sebuah smartphone. Selain lebih menghemat baterai pada jenis layar tertentu, tema gelap memang membuat mata lebih nyaman dan tidak silau pada kondisi cahaya tertentu. Dan saat ini, sistem operasi Android terbaru pun juga sudah mengusung tema gelap tersebut.

Belakangan ini, aplikasi-aplikasi milik Facebook memang telah memiliki mode gelap, seperti pada Messenger dan Instagram. Namun pada akhirnya, aplikasi yang dibeli oleh Facebook beberapa tahun yang lalu, Whatsapp, akhirnya mendapatkan tema gelap atau dark mode.

Bagi pengguna Whatsapp Beta, tentu saja sudah mendapatkan aplikasi terbaru dengan versi 2.20.13. Pada aplikasi paling baru ini, Whatsapp memberikan tema gelap yang ternyata lebih nyaman untuk digunakan. Apalagi untuk mereka yang sering memeriksa pesan pada malam hari sebelum tidur.

Namun, feature ini sayangnya belum diluncurkan untuk para pengguna Whatsapp non beta. Oleh karena itu, para pengguna Whatsapp non beta harus menunggu lebih lama lagi untuk memperoleh pembaruan via Google Play. Akan tetapi, tentu saja ada cara lain untuk mendapatkan versi beta ini.

Bagi pengguna non beta, Anda bisa melakukan pengunduhan aplikasi Whatsapp beta dari website resminya. Akan tetapi, pada saat tulisan ini dibuat, Whatsapp belum mengunggah versi 2.20.13 tersebut. Oleh karena itu, Anda dapat mencari versi tersebut pada situs APKMirror.com. Unduh saja aplikasi Whatsapp Beta paling baru (Saat tulisan ini dibuat, versi 2.20.14 beta sudah ada).

Untuk mengaktifkan mode gelap, Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Buka aplikasi Whatsapp pada perangkat Android Anda

  1. Masuk ke dalam setting dengan mengklik tombol tiga titik di kanan atas

  1. Setelah masuk ke dalam setting, klik pilihan Chats

  1. Pada menu Chats, Anda akan menemukan Theme atau Tema. Klik saja pada pilihan tersebut untuk memilih tema gelap.