26 October 2016

by Bambang Winarso

WhatsApp Android Versi Beta Kebagian Jatah Fitur Panggilan Video

Pengguna WhatsApp beta mungkinkan pengguna melakukan panggilan video ke versi yang sama

Dari sekian banyak fitur yang biasa ditemukan di aplikasi pesan instan, WhatsApp kekurangan satu fitur penting yaitu panggilan video. Sadar betul betapa pentingnya fitur itu bagi eksistensi mereka, WhatsApp pun mulai merencanakan pengembangan dengan mengujinya di versi beta Android. Tapi, dengan alasan tertentu fitur itu ditarik kembali.

Di saat pengguna Android hanya bisa melakukan panggilan suara, WhatsApp justru menghadirkan panggilan video – yang anehnya – dirilis untuk platform Windows Phone beta. Baru sekarang, menurut bocoran AndroidCentral WhatsApp kembali merilis fitur panggilan video untuk pengguna Android versi beta.

Meski tombol menu sudah dijumpai di WhatsApp Android beta, namun sejumlah rumor mengindikasikan bahwa WhatsApp kembali menelantarkan platform Android dengan memilih untuk merilisnya terlebih dahulu ke iOS.

Apapun alasannya, kehadiran fitur panggilan video ke WhatsApp tetap sebuah pertanda baik. Setidaknya kita sudah tahu bahwa WhatsApp mempertimbangkan untuk menghadirkan fitur tersebut ke versi final setelah melalui proses pengujian yang dibutuhkan.

Jika Anda merupakan pengguna yang mengikuti program betanya, bisa mengunduh versi terbaru WhatsApp beta (v2.16.318) untuk mencoba fitur tersebut. Opsi panggilan video akan ditampilkan ketika pengguna menekan tombol panggilan. Setelahnya akan muncul dua opsi panggilan, yakni panggilan suara dan panggilan video.

Tapi perlu dicatat bahwa fitur ini hanya dapat digunakan oleh dua pengguna yang menggunakan aplikasi versi yang sama. Saat melakukan panggilan video, pengguna dapat memilih orientasi kamera yang diinginkan dan juga dapat mengakses opsi yang disediakan.

Selain itu, bagi pengguna non beta, harus lebih bersabar menunggu karena fitur ini belum dirilis secara publik bagi khalayak umum.

Sumber gambar header Pixabay.