Categories

Mobile

WhatsApp Android Beta Sudah Bisa Mengirim Gambar Gif

Gambar animasi Gif dikonversi dari rekaman video yang ditangkap dari kamera

Bambang Winarso - 29 August 2016

Memilih aplikasi pesan instan sekarang tidaklah mudah, setiap aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Satu aplikasi tidak benar-benar secara mutlak mendominasi aplikasi pesan lainnya mengingat fitur di satu aplikasi mungkin tak dijumpai di aplikasi lainnya, kendati fungsi dasarnya tetaplah sama. Kondisi ini mendorong banyak pengguna untuk memasang lebih dari dua bahkan tiga aplikasi pesan instan dalam satu perangkat.

Tapi bicara soal popularitas, kita bisa dengan mudah menunjuk WhatsApp aplikasinya. Padahal bila bicara kelengkapan, WhatsApp masih kalah dari LINE atau bahkan BBM. Ke depan, anggapan itu mungkin lambat laun akan berubah setelah WhatsApp versi beta telah menambahkan dukungan pengiriman video dalam format GIF ke sesama pengguna Android. Fitur ini merupakan salah satu fitur yang tidak dimiliki oleh WhatsApp saat ini.

Berbeda dengan cara pakai fitur serupa di iOS, di platform Android pengguna dapat mengirim gambar bergerak gif melalui kamera dengan mengonversinya dari rekaman video. Jadi, cara kerjanya pengguna cukup merekam video melalui melalui WhatsApp, dan setelah video terekam, pengguna akan memperoleh opsi untuk mengubahnya menjadi gambar gif. Selama video yang direkam berdurasi enam detik atau kurang, video dapat diubah menjadi gambar bergerak gif.

Fitur ini hanya dapat dijumpai di WhatsApp Android beta versi 2.16.244 namun mungkin belum disebar secara merata. Dikutip dari AndroidPolice via Fonearena, di versi ini bahkan WhatsApp sudah menambahkan direktori Animated Gif baru yang sayangnya tidak bisa diakses dengan mudah.

Pengguna yang belum mendukung fitur ini tetap dapat menerima kiriman video, namun bukan dalam format gif, melainkan dalam bentuk video biasa. Begitu juga jika direktori folder diakses melalui komputer, ia akan tampil dalam forma MP4.

Sumber gambar header Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter