Categories

Mobile

Takut Tersaingi, WhatsApp Blokir Tautan ke Telegram

Tautan masih dapat dikirim sebagai pesan, tetapi tidak dapat diklik atau disalin ke aplikasi lainnya

Bambang Winarso - 2 December 2015

Persaingan adalah hal yang biasa dalam bisnis, tetapi Facebook sepertinya punya cara berbeda untuk mengatasi para rivalnya. Belum lama ini sejumlah pengguna Telegram menemukan bahwa aplikasi pesan instan WhatsApp yang kini dipunyai oleh Facebook memblokir seluruh tautan  Telegram.me, domain utama milik Telegram yang notabene adalah rival WhatsApp.

Dikatakan, bahwa teks masih dapat terkirim tanpa masalah namun tidak dalam format hiperlink seperti halnya tautan lain sehingga tidak dapat diklik. Pengguna juga tidak dapat menyalin teks untuk disematkan ke aplikasi lainnya. Perlakuan tak biasa ini lantas menarik perhatian banyak pengguna Telegram dan memicu berbagai reaksi.

Ketika dikonfirmasi, pihak Telegram ternyata sudah mencium gelagat tak sportif WhatsApp. Menurut Telegram, implementasi perlakukan “istimewa” pada tautannya itu secara diam-diam diterapkan pada update terkini yang masih menggunakan versi yang sama yani 2.12 namun dengan build baru, 367.

Namun menurut Telegram update ini belum sepenuhnya dapat dirasakan oleh seluruh pengguna WhatsApp. Hal ini dibuktikan sendiri oleh redaksi Dailysocial yang masih dapat mengirimkan tautan Telegram.me secara normal layaknya tautan lain.

Hingga kini belum ada tanggapan resmi dari Facebook terkait pemblokiran ini. Di tahun 2010, Facebook juga pernah melakukan hal yang sama, di mana kala itu Pirate Bay jadi korbannya. Seluruh tautan yang menuju ke situs mereka diblokir dari News Feed. Dan baru-baru ini Tsu.co juga jadi korban pemblokiran yang sama.

Sumber berita Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id