Kabar buruk bagi para pengguna perangkat BlackBerry lawas, karena salah satu chatting populer yakni WhatsApp akan benar-benar mencabut dukungan aplikasinya di BlackBerry OS dan BlackBerry 10 pada tanggal 31 Desember 2017. Sebenarnya cukup disayangkan, mengingat perangkat berbasis BlackBerry 10 seperti Passport dan Classic masih punya daya tarik tersendiri.

WhatsApp sendiri telah mengumunkan pengehentian pengembangan untuk berbagai platform mobile kurang populer cukup lama, dan setelah tanggal 31 Desember 2017 nanti, seperti yang diumumkan pada situs resmi, pengguna tidak akan bisa menggunakan aplikasi pesan ini pada perangkat berbasis BlackBerry OS dan BlackBerry 10.

Nasib serupa juga bakal dialami oleh pengguna perangkat berbasis Windows Phone 8.0, sementara layanan untuk Nokia S40  masih didukung hingga 31 Desember 2018. Jadi terhitung sejak tanggal 1 Januari 2018, mereka tidak dapat lagi membuat akun baru ataupun memverifikasi ulang akun yang sudah ada. Tapi masih dapat terus menggunakan WhatsApp dan dengan catatan beberapa fitur mungkin dapat berhenti berfungsi pada suatu waktu.

Wacana mencabut dukungan di platform mobile tua sebenarnya sudah dilontarkan oleh WhatsApp sejak tahun lalu. Alasannya karena platform-platform ini tidak menawarkan kemampuan yang diperlukan untuk mengembangkan fitur-fitur aplikasi di masa mendatang dan memilih fokus pada Android dan iOS.

Sejak diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2014, aplikasi bertukar pesan ini memang sangat rajin menggelontorkan fitur-fitur baru. Sebut saja, tarik pesan, format teks, bisa kirim hampir semua format file, dan banyak lagi.

Jika Anda menggunakan salah satu perangkat seluler di atas, direkomendasikan untuk meningkatkan ke versi OS yang lebih baru atau mengganti ke perangkat baru agar dapat terus menggunakan WhatsApp.

Lebih lengkap tentang dukungan WhatsApp atas perangkat lawas adalah:

  • Nokia Symbian S60 setalah 30 Juni 2017
  • BlackBerry OS and BlackBerry 10 setelah 31 Desember 2017
  • Windows Phone 8.0 dan yang lebih lama setelah 31 Desember 2017
  • Nokia S40 setelah 31 Desember 2018
  • Android versi 2.3.7 dan yang lebih tua setelah 1 Februari 2020

Sumber: PhoneArena.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.