Prestasi demi prestasi terus dibukukan oleh WhatsApp yang tak lain merupakan salah satu portfolio Facebook. Setelah tahun lalu mengumumkan pencapaian 1 miliar pengguna aktif bulanan, baru-baru ini WhatsApp mengklaim telah digunakan secara aktif oleh 1 miliar pengguna setiap harinya.

Popularitas WhatsApp tak lepas dari kesan sederhana yang telah lama melekat bahkan sebelum diakuisisi oleh Facebook. Bahkan hadirnya sejumlah fitur tiruan SnapChat tak mengubah image tersebut, bahkan disebut-sebut sukses membuat pengguna makin betah berlama-lama di sana. Banyak pengguna memilih WhatsApp karena didorong oleh pengguna lain yang lebih memilih WhatsApp ketimbang aplikasi lain. Dalam beberapa kesempatan, setiap bertemu teman lama atau kolega, selain email, biasanya mereka menanyakan nomor WhatsApp. Kondisi ini memaksa non-pengguna untuk ikut menggunakan WhatsApp di samping aplikasi pesan instan lainnya. Bahkan tak sedikit yang total meninggalkan yang lain.

statistik pengguna WhatsApp

Selain mengumumkan rekor baru tersebut, WhatsApp juga mengungkapkan beberapa statistik bagaimana aplikasinya dipergunakan. Dalam sehari, menurut WhatsApp ada 55 miliar pesan dikirim melalui aplikasi, kemudian 4,5 miliar foto, 1 miliar video dan 1 miliar pengguna aktif bulanan.

Sebagai perbandingan, bulan Juni lalu Facebook mengumumkan jumlah pengguna aktif bulanan di layanan utamanya tembus 2 miliar, sedangkan Messenger ada di 1,2 miliar per April 2017. Instagram sendiri yang juga masih properti Facebook mengantongi 250 juta pengguna aktif harian. Nah, dengan rekor-rekor mengesankan ini, wajar jika Facebook disebut sebagai raksasa di dunia digital yang belum akan tumbang dalam waktu dekat.

Sumber berita WhatsApp dan gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.