21 October 2016

by Bambang Winarso

Giliran WhatsApp iOS yang Diganjar Fitur Edit Foto ala Snapchat

Update ini merupakan lanjutan dari rangkaian update serupa yang sebelumnya sudah menyambangi platform Android

Facebook punya ambisi yang sangat besar untuk menggulingkan Snapchat. Setidaknya itu yang tersirat dalam setiap penyegaran aplikasi-aplikasinya. Setelah menghadirkan Stories ala Snapchat di Instagram, Facebook kemudian dikabarkan sedang menguji fitur editor foto yang mirip dengan kepunyaan Snapchat, serta fitur Day yang lagi-lagi meniru fitur Stories-nya aplikasi rival yang sama, Snapchat.

Belum cukup dengan Instagram dan aplikasi utamanya, Facebook juga melakukan penyegaran baru β€œberbau” Snapchat untuk properti mereka lainnya, WhatsApp. Yang terbaru, tim pengembang WhatsApp menambahkan sejumlah peningkatan fitur kamera untuk platform iOS. Kemampuan baru yang memungkinkan pengguna untuk menggambar, menulis dan menyisipkan emoji di foto dan video sebelum dikirim. Fitur ini sangat mirip dengan apa yang sudah Facebook hadirkan di Instagram Stories.

Setelah pembaruan ini, pengguna dapat menangkap foto atau merekam video langsung dari WhatsApp. Dari jendela yang sama, sebelum dikirimkan, foto atau video tersebut dapat diolah dulu dengan tool editing baru seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tambahannya, pengguna juga dapat mengubah warna dan jenis huruf yang disisipkan.

Tak hanya tool editing baru, WhatsApp untuk iOS juga memperoleh peningkatan berupa dukungan flash untuk kamera depan, bar geser untuk zoom in dan out, dan navigasi baru untuk berganti dari kamera depan ke kamera belakang atau sebaliknya dengan dua kali tap cepat.

Pembaruan ini merupakan lanjutan dari rangkaian update serupa yang mendarat lebih dahulu di Android dua minggu lalu.

Sumber berita GSMArena dan gambar header WhatsApp.