Categories

Mobile

WhatsApp Kini Batasi Fitur Forwarding ke Satu Orang Saja

Sebelumnya, pesan viral bisa kita teruskan ke lima orang/grup yang berbeda dalam satu kesempatan

Glenn Kaonang - 8 April 2020

WhatsApp punya kebijakan baru terkait fitur untuk meneruskan pesan (forwarding). Pesan yang ditandai dengan simbol panah ganda – yang sudah sempat diteruskan dari satu pengguna ke yang lain lebih dari lima kali – kini hanya bisa diteruskan lagi ke satu orang saja. Sebelumnya, pesan yang sama dapat kita teruskan ke lima orang atau grup yang berbeda dalam satu kesempatan.

Perubahan ini cukup drastis, apalagi mengingat pada mulanya WhatsApp mempersilakan kita meneruskan pesan ke 256 orang yang berbeda. WhatsApp mulai membatasi fitur forwarding sejak dua tahun lalu, persisnya setelah kasus pembunuhan di India yang dipicu oleh hoaks yang tersebar via WhatsApp.

Batasan seperti ini memang belum bisa membebaskan WhatsApp sepenuhnya dari misinformasi, tapi setidaknya bisa menghambat penyebarannya. Saat membatasi fitur forwarding ke lima orang dua tahun lalu, WhatsApp melihat adanya 25% penurunan jumlah pesan yang diteruskan secara global.

Sekarang, WhatsApp berharap angkanya bisa turun lebih signifikan lagi dengan membatasi fitur forwarding ke satu orang saja. Ini penting mengingat belakangan cukup banyak berita viral seputar pandemi COVID-19 yang terbukti salah dan tidak lebih dari sebatas berita bohong.

Sayangnya perubahan kebijakan ini tampaknya belum diberlakukan secara menyeluruh. Saat saya coba dengan versi WhatsApp terbaru di iPhone, pesan dengan tanda panah ganda (Forwarded) masih bisa saya teruskan ke lima kontak yang berbeda seperti sebelumnya. Kemungkinan WhatsApp akan menerapkannya secara bertahap.

Sumber: WhatsApp.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter