Beberapa hari yang lalu, WhatsApp baru saja meluncurkan pembaruan untuk aplikasi WhatsApp versi beta di platform Windows Phone. Tidak banyak perubahan yang dibawa, namun WhatsApp melarang penggunaan emoji tanda centang untuk ditambahkan ke nama pengguna.

Sepintas, ini tampak hanya perubahan yang kecil, tetapi pembaruan ini diduga merupakan bukti bahwa WhatsApp tengah mempersiapkan perubahan yang lebih besar di masa mendatang, di mana WhatsApp akan mendorong penggunanya untuk menggunakan aplikasi mereka untuk urusan bisnis. Pasalnya, tanda centang disinyalir kuat bakal digunakan untuk menandai akun terverifikasi.

whatsapp-beta-checkbox-768x429

Menurut WABetaInfo, WhatsApp tengah mempersiapkan versi lain yang dikhususkan untuk tujuan bisnis. Aplikasi ini nantinya akan tersedia untuk iOS, Android, serta Windows Phone.

WhatsApp versi bisnis ini nantinya akan lebih ketat dibandingkan dengan WhatsApp yang banyak digunakan sekarang. Contohnya adalah pelarangan untuk mengganti nama dan jumlah karakter dalam penamaan. Pengguna juga diharuskan untuk mencantumkan alamat situs dan e-mail pada bagian profil. WhatsApp juga akan berlaku tegas dalam mencegah spamming.

Lebih jauh, WhatsApp untuk bisnis akan menggunakan teknologi yang dapat menerjemahkan pesan bisnis secara langsung, sehingga dapat digunakan oleh pengguna dari seluruh belahan dunia. Fitur ini terutama untuk layanan yang lebih umum seperti perhotelan, informasi keterlambatan penerbangan, dan sebagainya. Meski telah banyak informasi yang disampaikan, namun belum ada kejelasan mengenai kapan fitur terbaru ini akan diluncurkan dan dapat digunakan oleh pengguna.

Sumber tambahan Ubergizmo, dan gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.