Categories

Mobile

WhatsApp Mulai Hapus Berkas Backup Otomatis di Google Drive

Berkas yang dihapus adalah berkas yang tidak dibackup secara manual oleh penggunanya

Bambang Winarso - 14 November 2018

WhatsApp, aplikasi pesan instan terpopuler di dunia sebelumnya sudah mengonfirmasi bahwa mulai hari Senin, 12 November, pengguna Android yang belum membuat backup data dan chat mereka di Google Drive secara manual selama lebih dari setahun akan kehilangan backup lama mereka.

Hari itu sudah berlalu dua hari lalu, jadi jangan heran jika backup lawas yang mungkin tersimpan secara default tidak akan Anda jumpai lagi, terutama ketika Anda berpindah ke perangkat baru atau berganti nomor ponsel.

WhatsApp punya kesepakatan dengan Google pada Agustus lalu untuk menyimpan konten pengguna di layanan Google Drive secara otomatis atau diatur secara default. Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk memuat ulang data mereka dengan mudah di berbagai smartphone Android baru atau yang berbeda.

Tetapi kesepakatan ini bukan tanpa syarat. Bahwa pengguna harus membuat backup secara manual di Google Drive sebelum 12 November. Langkah ini untuk menghindari hilangnya data WhatsApp yang sudah tersimpan di Drive. Artinya, jika langkah backup manual tidak dijalankan setidak-tidaknya sampai dengan 30 Oktober 2018, seluruh data yang tersimpan oleh sistem akan dihapus secara permanen dari Google Drive.

Di Android, sebagian besar obrolan yang terjadi di WhatsApp dicadangkan secara otomatis ke Google Drive. Sedangkan untuk perangkat iOS, obrolan WhatsApp disimpan di akun iCloud secara default.

Untuk melakukan backup secara manual, Anda bisa menyimak tutorial di artikel ini.

Sumber berita BGR dan gambar header Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter