Categories

Mobile

WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Multi-Device, Satu Akun Bisa Digunakan di Empat Perangkat Lain Sekaligus

Yang paling istimewa, aplikasi WhatsApp di perangkat-perangkat lain itu tetap bisa digunakan meski ponsel sedang dalam keadaan mati

Glenn Kaonang - 15 July 2021

Setelah sekian lama, WhatsApp akhirnya mulai mengabulkan salah satu permintaan terbanyak dari para penggunanya, yakni fitur multi-device yang memungkinkan satu akun WhatsApp untuk digunakan di lebih dari satu perangkat secara bersamaan, tanpa perlu bergantung terhadap smartphone.

Anda mungkin heran kenapa WhatsApp butuh waktu begitu lama untuk menghadirkan fitur semacam ini, yang di banyak aplikasi chatting lain sudah tersedia sejak lama. Alasan WhatsApp rupanya berkaitan dengan faktor privasi dan enkripsi end-to-end. Mereka pada dasarnya harus mendesain ulang arsitektur teknologi WhatsApp demi mewujudkan fitur multi-device selagi mempertahankan sederet fitur keamanan yang ditawarkannya selama ini.

Seperti yang kita tahu, WhatsApp saat ini memang sudah bisa kita gunakan di komputer ataupun laptop, akan tetapi pengalaman yang kita dapat bukanlah pengalaman multi-device yang sesungguhnya. Pasalnya, WhatsApp yang kita buka di perangkat desktop itu hanya sebatas menjadi cermin dari aplikasi WhatsApp di smartphone.

Itu berarti semua koneksi, sinkronisasi data, enkripsi, dan lain sebagainya berjalan di aplikasi WhatsApp pada smartphone, bukan di komputer atau laptop secara langsung. Menurut WhatsApp, ini adalah cara termudah untuk menghadirkan pengalaman 'multi-device' tanpa berkompromi soal keamanan, meski memang pengalamannya jadi sangat terbatas.

Batasan yang paling utama tentu saja adalah ketergantungan terhadap smartphone. Kalau aplikasinya di smartphone tiba-tiba force closed, maka WhatsApp di laptop jadi tidak bisa digunakan. Demikian pula ketika smartphone kehilangan koneksi data, atau malah kehabisan daya, WhatsApp di perangkat desktop pun jadi tidak bisa diakses sama sekali.

WhatsApp punya penjelasan yang sangat merinci di blog Facebook Engineering terkait teknologi baru yang mereka terapkan untuk mewujudkan pengalaman multi-device yang sesungguhnya. Sederhananya, setiap device kini dapat terhubung langsung ke server, dan semua pesan yang pengguna kirim akan selalu terenkripsi, tidak peduli dari perangkat mana pun mereka mengirimnya.

Perlu dicatat, fitur multi-device ini memungkinkan satu akun WhatsApp untuk digunakan di empat perangkat lain secara bersamaan, asalkan perangkat lainnya itu bukan smartphone. Bisa jadi ini merupakan indikasi kalau WhatsApp juga tengah menggodok aplikasi versi terpisah untuk iPad dan tablet Android.

Fitur multi-device ini masih akan meminta pengguna untuk menghubungkan perangkat lain dengan memindai kode QR menggunakan ponselnya sebagai langkah awal, tapi sekarang juga ditambah dengan autentikasi biometrik. Usai dihubungkan, perangkat bisa langsung dipakai untuk mengakses WhatsApp kapan saja, bahkan ketika ponsel pengguna sedang mati.

Sebelum fitur ini bisa dinikmati oleh semua pengguna, WhatsApp bakal lebih dulu menguji versi beta-nya bersama pengguna dalam jumlah terbatas. Tujuannya tentu untuk mengoptimalkan pengalamannya lebih jauh lagi, sekaligus menambahkan sejumlah fitur ekstra.

Sumber: Facebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter