Categories

Mobile

WhatsApp Rilis Fitur Transfer Riwayat Percakapan dari Android ke iOS

Untuk sekarang dan dalam waktu dekat, pengguna hanya bisa memindah data chat history dari iPhone ke smartphone Samsung

Glenn Kaonang - 16 August 2021

WhatsApp memang merupakan aplikasi lintas platform, dan pengguna perangkat Android maupun iOS memang bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya tanpa ada batasan tertentu. Yang kerap jadi masalah adalah ketika pengguna hendak berpindah dari platform Android ke iOS, ataupun sebaliknya, sebab data riwayat percakapannya tidak bisa dipindah.

Kabar baiknya, WhatsApp diam-diam rupanya telah menggodok fitur transfer riwayat percakapan lintas platform. Fitur ini mereka umumkan bersamaan dengan peluncuran Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, sekaligus menjadikan kedua ponsel foldable terbaru Samsung tersebut sebagai yang pertama kebagian jatahnya.

Berkat fitur baru ini, para pengguna iPhone jadi bisa memindahkan seluruh chat history WhatsApp mereka, termasuk halnya foto dan voice memo, menuju ke Z Fold3 atau Z Flip3. Namun ketimbang mengandalkan koneksi internet, prosesnya mengharuskan pengguna menghubungkan kedua perangkat via kabel Lightning ke USB-C. Sepertinya ini memang merupakan taktik Samsung untuk menarik minat pembeli, termasuk halnya para pengguna iPhone.

Satu hal yang perlu dicatat adalah, data chat history yang ditransfer dari iPhone ke perangkat Android ini akan menimpa (overwrite) seluruh data cloud backup yang pengguna miliki. Jadi jangan harap riwayat percakapan di kedua platform dapat digabung menjadi satu. Sepertinya ini memang terkendala sistem enkripsi end-to-end yang WhatsApp terapkan.

Dalam beberapa minggu ke depan, fitur ini juga akan tersedia untuk deretan ponsel Samsung yang menjalankan minimal sistem operasi Android 10. Sayangnya WhatsApp sejauh ini masih bungkam terkait ketersediaan fitur ini di perangkat Android lain. WhatsApp juga tidak menjelaskan apakah ke depannya pengguna juga dapat melakukan hal sebaliknya, yakni memindah data chat history dari perangkat Android ke iPhone.

Sumber: The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter